SUARA INDONESIA

Lantik Ratusan CPNS, Pj. Bupati Cilacap Minta Jaga Integritas dan Hindari Korupsi

Satria Galih Saputra - 26 September 2023 | 18:09 - Dibaca 1.06k kali
News Lantik Ratusan CPNS, Pj. Bupati Cilacap Minta Jaga Integritas dan Hindari Korupsi
Pj. Bupati Cilacap, Yunita Dyah Suminar melantik 464 CPNS di Pendopo Wijaya Kusuma Cakti Cilacap (Foto : Galih/Suaraindonesia.co.id)

CILACAP, Suaraindonesia.co.id - Pj. Bupati Cilacap, Yunita Dyah Suminar melantik 464 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) angkatan 2021 menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Pelantikan berlangsung di Pendopo Wijaya Kusuma Cakti Cilacap pada Selasa (26/9/2023). 

Dalam kesempatan itu, Pj. Bupati Yunita meminta kepada para terlantik agar dapat menjaga integritas sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN). 

"Jaga integritas, dan anda semua harus jujur dalam melayani masyarakat. Kalau memiliki mental integritas yang tinggi, pelayanan kepada masyarakat tentu akan menjadi prima," ujarnya. 

Disamping itu, sebagai pelayan masyarakat, kata dia juga harus memiliki mental budaya melayani yang prima. "ASN harus paham betul masyarakat, karena memiliki latar belakang yang berbeda sehingga masyarakat akan merasa nyaman dilayani oleh para abdi negara," ucap Pj. Bupati. 

“Budayakan mengucapkan terima kasih, senyum, ramah dan juga meminta maaf kalau ada ketidaknyamanan. Gesture para pelayan masyarakat ini juga mencerminkan kualitas layanan,” tandasnya.

Pj Bupati juga mengingatkan 464 CPNS terlantik ini untuk menghindari praktik suap, gratifikasi atau pemberian hadiah serta korupsi. "Dengan menerima atau memberi sesuatu agar memperoleh keuntungan, akan memunculkan candu yang berakibat pada tidak optimalnya layanan," katanya. 

Ia mencontohkan apabila ingin naik pangkat di kemudian hari, jangan sekali-kali memberi sesuatu kepada pihak terkait, karena itu salah satu hal yang dapat mencederai prinsip integritas. 

Sementara itu, guna mencegah terjadinya korupsi yang dapat dilakukan, Pj. Bupati mengimbau agar PNS tersebut bergaya hidup sederhana dan tidak mengejar kemewahan. 

"Jangan berpikiran menjadi kaya kalau jadi PNS. Menjadi ASN adalah tentang pengabdian kepada masyarakat," tegas Yunita, sapaan akrab Yunita Dyah Suminar ini. 

Diketahui, dari jumlah 464 CPNS terlantik tersebut terbagi menjadi beberapa golongan. Golongan II/a sebanyak 14 orang, II/c 206 orang, III/a 193 orang, dan III/b sebanyak 51 orang. Adapun peserta lulusan IPDN Angkatan 28 tahun 2021 namun belum dilantik sebanyak 2 orang. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Satria Galih Saputra
Editor : Yuni Amalia

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV