SUARA INDONESIA

Jadi Langganan Banjir, Kodim 0814 Jombang Bersihkan Sungai Avur Watudakon

Gono Dwi Santoso - 09 December 2023 | 15:12 - Dibaca 944 kali
News Jadi Langganan Banjir, Kodim 0814 Jombang  Bersihkan Sungai Avur Watudakon
Suasana pembersihan sungai oleh Kodim 0814 Jombang bersama stakeholder terkait yang ada di Desa Blimbing, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang, Sabtu (09/12/2023). (Foto: Gono Dwi Santoso/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, JOMBANG-  Mencegah bencana banjir di musim penghujan, Kodim 0814 Jombang bersama anggota Polri, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), membersihkan sungai avur Watudakon yang berada di Dusun Karangprabon, Desa Blimbing, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Sabtu (09/12/2023). 

Kegiatan ini dilakukan untuk membersihkan sungai dari eceng gondok maupun tanaman lainnya yang mengganggu aliran air sungai.

Dandim 0814 Jombang, Letkol Kav Devid Eko Junanto mengatakan, kegiatan ini berawal dari instruksi Kepala Staf Angkatan Darat yang kemudian ditindaklanjuti oleh jajaran Kodam, Korem dan juga Kodim. 

"Kegiatan ini digelar dalam rangka Hari Juang TNI-AD dan juga Hari Ulang Tahun (HUT) Kodam V Brawijaya, dengan melaksanakan karya bhakti membersihkan sungai, pembersihan sektor-sektor pasar dan program penghijauan," terangnya 

Devid Eko Junanto menjelaskan, kegiatan ini dilakukan atas kepedulian TNI, mengingat musim kemarau sudah akan berakhir dan musim hujan sudah mulai. Juga untuk mengingatkan masyarakat dan seluruh warga agar sadar dan turut menjaga kebersihan lingkungan.

"Baik yang berada di bantaran sungai, di pasar-pasar maupun di wilayah yang lain agar menjaga kebersihan lingkungan," paparnya.

Ia juga berpesan agar ketika musim penghujan datang, hal itu dapat mencegah bencana banjir. 

"Kemudian juga menghindari wabah penyakit yang biasanya terjadi pada saat musim hujan datang, seperti demam berdarah, diare dan lainnya," terangnya.

Devid Eko Junanto berharap, semua pihak dan instansi agar bersama-sama melakukan kegiatan pencegahan supaya tidak terjadi bencana, serta  mengimbau agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan ke sungai karena bisa menyebabkan banjir.

Sementara itu , Kepala Desa Blimbing, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang, Muji Alipah menyampaikan terima kasih kepada Dandim 0814 dan jajaran atas terlaksananya kegiatan ini. 

"Saya ucapkan terima kasih, semoga ke depan di desa kami sudah tidak ada banjir lagi. Dan saya ucapkan selamat ulang tahun Kodam V Brawijaya di tahun 2023, terima kasih," tutupnya.(*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV