SUARA INDONESIA

Rp 2,8 Miliar APBD Sumenep Bakal Digelontorkan untuk Calendar of Event 2024

Wildan Mukhlishah Sy - 29 December 2023 | 10:12 - Dibaca 1.20k kali
News Rp 2,8 Miliar APBD Sumenep Bakal Digelontorkan untuk Calendar of Event 2024
Launching Calendar of Event 2024 Sumenep. (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, SUMENEP- Sebanyak Rp 2,8 miliar Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Sumenep, Jawa Timur, akan digelontorkan untuk kegiatan Calendar of Event 2024 mendatang. 

Kepala Disbudporapar Sumenep Moammad Iksan menjelaskan, anggaran itu bersifat stimulan dan akan disalurkan untuk 104 event Sumenep, yang berlangsung dari Januari hingga Februari 2024.

Menurutnya, angka tersebut memang tidak akan dibagikan rata kepada setiap kegiatan. Melainkan, menyesuaikan dengan kapasitas dan kebutuhan dari event yang akan dilaksanakan. Sehingga, pihaknya ingin penyelenggara benar-benar mampu memaksimalkan anggaran yang diberikan.

Dia menuturkan, sebenarnya secara keseluruhan kebutuhan anggaran untuk event 2024 diperkirakan mencapai angka Rp 3,8 miliar. Sehingga, kata Iksan, kemungkinan besar nanti akan ada tambahan dana, baik dari sponsor, maupun pengajuan pada perubahan APBD.

“Memang tidak akan dibagi rata, porsinya akan sesuaikan dengan kapasitas dan kebutuhan dari setiap event,” jelasnya, Jumat (29/12/2023)

Sementara itu, Sekertaris Daerah (Sekda) Sumenep Edy Rasyadi menjabarkan, berdasarkan penjelasan Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo, anggaran pada event 2024, memang tidak sepenuhnya bergantung pada APBD. Namun juga, memaksimalkan penjaringan sponsor, baik dari lokal ataupun luar daerah. 

Menurutnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, juga akan membantu mencarikan sponsor-sponsor luar yang bersedia menanggung sebagian pembiayaan dari acara tersebut. Akan tetapi, dalam merealisasikannya, Sekda menyebut diperlukan adanya kolaborasi antara semua pihak.

“Itu tentu memerlukan adanya kolaborasi, bukan hanya dari Pemkab dan swasta. Akan tetapi juga dari penyelenggara dan pelaku seni. Pak Bupati tadi sudah menjelaskan, juga akan membantu mencarikan sponsor,” tutupnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV