SUARA INDONESIA

Aplikasi Dolan Teluk Penyu, Mudahkan Masyarakat Cilacap Urus Dokumen Kependudukan via Daring

Satria Galih Saputra - 17 January 2024 | 18:01 - Dibaca 883 kali
News Aplikasi Dolan Teluk Penyu, Mudahkan Masyarakat Cilacap Urus Dokumen Kependudukan via Daring
Pj Bupati Cilacap, Awaluddin Muuri menyaksikan petugas Disdukcapil saat mengoperasikan Aplikasi Dolan Teluk Penyu. (Foto: Galih/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, CILACAP - Masyarakat Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, kini dengan mudah mengurus dokumen kependudukan melalui daring. Pasalnya, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat telah meluncurkan aplikasi kependudukan bernama Dolan Teluk Penyu.

Kepala Disdukcapil Cilacap, Annisa Fabriana mengatakan, Dolan Teluk Penyu memiliki arti dokumen online tekan telunjuk permohonan nyusul metu.

"Masyarakat cukup mengajukan permohonan dokumen kependudukan melalui aplikasi ini, kemudian datang ke kantor Disdukcapil untuk menyerahkan berkas dan mengambil dokumen yang sudah jadi," ujarnya di sela-sela acara, Rabu (17/1/2024).

"Aplikasi "Dolan Teluk Penyu" menghadirkan sejumlah layanan dokumen kependudukan secara online seperti perubahan data, pindah masuk, pindah keluar, akta kelahiran, dan akta kematian. Aplikasi ini dapat diunduh di Play Store," imbuhnya.

Annisa menyampaikan, ada 14 petugas Front Office (FO) dan 7 orang validator yang siap melayani hingga 600 permohonan dalam satu hari kerja.

Kendati demikian, pihaknya tetap melayani layanan secara tatap muka atau langsung. "Masyarakat yang kesulitan mengakses layanan online dapat memanfaatkan layanan ‘garasi’ untuk 200 orang per hari dan akan dipandu secara manual," kata Annisa.

"Diharapkan melalui terobosan baru ini masyarakat dapat mengurus dokumen kependudukan dengan mudah tanpa melalui perantara," tandasnya.

Dalam kesempatannya, Annisa mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan aplikasi ini dengan bijak dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Acara peluncuran Aplikasi "Dolan Teluk Penyu" ini dilakukan oleh Pj Bupati Cilacap, Awaluddin Muuri di Aula Disdukcapil dan ditandai dengan pengguntingan pipa.

Dalam kesempatan itu, Pj Bupati Awaluddin mengapresiasi langkah Disdukcapil Cilacap dalam meningkatkan layanan kepada masyarakat. Menurutnya, hal ini sejalan dengan 10 program prioritas Pj. Bupati Cilacap untuk sektor digitalisasi administrasi pemerintahan dan layanan publik.

"Aplikasi ini merupakan salah satu bentuk inovasi yang mendukung program tersebut. Dan kami berharap, inovasi ini dapat diikuti oleh OPD lain sesuai dengan tupoksi masing-masing untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat,” ujar Awaluddin. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Satria Galih Saputra
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV