SUARA INDONESIA

KPU Buka Pendaftaran Seleksi Komisioner di Banyuwangi

Muhammad Nurul Yaqin - 07 March 2024 | 14:03 - Dibaca 816 kali
News KPU Buka Pendaftaran Seleksi Komisioner di Banyuwangi
Sosialisasi pendaftaran bakal calon KPU Banyuwangi Kamis (6/3/2024). (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, BANYUWANGI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) membuka pendaftaran seleksi komisioner di Banyuwangi, Jawa Timur, periode 2024-2029.

Pendaftaran dibuka mulai 8-19 Maret 2024. Salah satu syaratnya, memiliki KTP Banyuwangi. Pengumuman dan syarat pendaftaran anggota KPU Kabupaten Banyuwangi ini bisa diunduh di laman KPU.

“Tahap pengumuman dimulai pada 8-19 Maret. Bersamaan itu, pembukaan pendaftaran dimulai,” kata Sekretaris Tim Seleksi (Timsel) Bakal Calon Anggota KPU Jatim 2, Prof. Dr. M. Noor Harisudin dalam sosialisasi di Kantor KPU Banyuwangi, Kamis (7/3/2024).

Selain Banyuwangi, wilayah Timsel Jatim 2 ini meliputi Kabupaten Jember, Lumajang, Bondowoso dan Situbondo. KPU secara bertahap melakukan sosialisasi di wilayah tersebut.

“Khusus hari ini, kita sosialisasi untuk wilayah KPU Kabupaten Banyuwangi dan Jember,” ujar akademisi asal Jember ini.

Selain wajib ber-KTP di wilayah KPU setempat, syarat lainnya berusia minimal 30 tahun. Pendidikan minimal SMA/sederajat. Lalu, mengundurkan diri dari keanggotaan partai minimal 5 tahun. Dan, bebas narkoba dan keterangan sehat dari RS milik pemerintah.

Kemudian, tidak menjabat di pemerintahan atau BUMN. Pendaftar juga tidak pernah mendapatkan sanksi pemberhentian tetap dari Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

“Khusus pendaftar yang statusnya ASN, harus mengajukan pemberhentian sementara. Sedangkan, PPPK mengajukan pemutusan hubungan kerja,” tegasnya didampingi empat timsel lainnya.

Tahapan seleksi anggota KPU Banyuwangi ini seluruhnya dipusatkan di Sekretariat Timsel Jatim 2 di Hotel Samator, Surabaya. Selain mengunggah dokumen secara online, pendaftar wajib mengirimkan berkas pendaftaran ke Sekretariat Timsel.

Selanjutnya, tahap penelitian berkas administrasi mulai 8-26 Maret. Jika pendaftar belum memenuhi kuota, dilakukan perpanjangan pendaftaran mulai 20-25 Maret. Terakhir, Timsel akan menetapkan kelolosan administrasi pada 27 Maret.

Lalu, pengumuman kelolosan administrasi pada 28-30 Maret. Selanjutnya, tes tulis dan psikologi digelar 31 Maret-5 April. Hasilnya ditetapkan pada 6 -7 April.

“Tes tulis dan psikologi akan digelar oleh TNI atau Polri. Kita masih menunggu arahan dari KPU Pusat,” jelasnya.

Hasil seleksi tes tulis dan psikologis akan diumumkan pada 8-9 April. Dilanjutkan tanggapan masyarakat pada 8-13 April. Kemudian, tes kesehatan dan lainnya digelar 16-23 April. Setelah itu, dilanjutkan tes wawancara pada 17-24 April.

Seluruh tahapan seleksi ini akan menetapkan 10 bakal calon KPU Banyuwangi yang diumumkan 26-28 April.

“Jadi, tugas kami hanya menyeleksi dan menyerahkannya ke KPU RI. Penentuan akhir disana,” tutupnya.

Gaji anggota KPU Kabupaten ini ternyata cukup fantastis. Data dari Sekretariat KPU Banyuwangi, gaji yang diterima komisioner KPU Kabupaten besarnya bervariasi.

Bagi Ketua KPU Kabupaten mencapai sekitar Rp 12 juta per bulan. Sedangkan anggota Rp 9 juta - Rp 10 juta per bulan. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV