SUARA INDONESIA

PWI Hijaukan Kawasan Wisata Bukit Kunci, Puncak HPN dan HUT ke-78 PWI

Gunawan - 08 March 2024 | 18:03 - Dibaca 698 kali
News PWI Hijaukan Kawasan Wisata Bukit Kunci, Puncak HPN dan HUT ke-78 PWI
PWI Blora saat menggelar kegiatan penghijauan di kawasan wisata Bukit Kunci, Jiken, Blora, Jumat (8/3/2024). (Foto: Gunawan/Suara Indonesia).

SUARA INDONESIA, BLORA - Puncak Hari Pers Nasional (HPN) dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), PWI Kabupaten Blora menggelar kegiatan penghijauan di kawasan wisata Bukit Kunci yang di Desa Bangoan, Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Jumat (8/3/2024).

Ketua PWI Blora, Heri Purnomo mengatakan, kegiatan penanaman pohon di kawasan wisata Bukit Kunci ini merupakan salah satu fungsi dari pers dalam memberikan edukasi dan informasi ke masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian alam.

"Puncak giat hari ini diharapkan teman teman di PWI ikut serta dalam melestarikan alam, dengan menanam pohon," ujar Heri.

Penanaman di kawasan wisata Bukit Kunci ini, kata Heri, agar dapat bermanfaat, khususnya dalam meningkatkan kunjungan wisata di Bukit Kunci.

Heri menyebut penanaman yang dilakukan mungkin dianggap hal kecil. Namun, bagi PWI Blora diharapkan ke depan pohon yang ditanam itu akan tumbuh dan berkembang.

Heri menjelaskan manfaat penanaman pohon yang bisa menjadi pelindung serta menahan air agar kebutuhan air baku di Kabupaten Blora ini semakin banyak.

Dirinya menjelaskan, bahwa kegiatan tersebut sudah berjalan setiap tahunnya yang berkolaborasi dengan berbagai stakeholder.

"Menanam ini merupakan kegiatan PWI yang ke delapan. Setiap kegiatan kami selalu berkolaborasi dengan pihak-pihak dan para pemangku kepentingan di Kabupaten Blora. Utamanya yang mempunyai misi dan visi yang sama dengan PWI Blora yakni tentang pelestarian alam,” jelas Heri.

Heri juga mengucapkan terimakasih kepada berbagai pihak yang telah mensupport kegiatan PWI Blora menanam. Di antaranya Pemerintah Kabupaten Blora, Pertamina, Exxon Mobil, SKK Migas, Semen Gresik, Pertamina Energi Hulu, Pertamina EP Cepu, Pertamina EP,  Badan Kerjasama PI Blok Cepu, HIPMI Blora serta Paguyuban Praja Kecamatan Ngawen dan Kunduran.

Sementara itu, Bupati Blora Arief Rohman mengapresiasi apa yang dilakukan para anggota PWI Blora, dalam kegiatan peringatan HPN 2024 yang telah memberikan kontribusi yang positif dan bagi Kabupaten Blora.

Utamanya, kegiatan sebagai upaya dalam menjaga kelestarian alam dari kerusakan dan permasalahan lingkungan, khususnya di Kabupaten Blora.

"Kami atas nama Pemkab Blora sangat mengapresiasi langkah PWI Blora yang menggelar aksi tanam pohon ini. Adanya kegiatan penanaman ini, berarti PWI Blora membantu program penghijauan untuk Blora,” kata Mas Arief, begitu akrab disapa.

Adanya aksi PWI Blora menanam ini berharap bisa meningkatkan komitmen bersama dalam menjaga kelestarian lingkungan agar tumbuh rasa cinta kepada lingkungan.

Tahun ini, terang Mas Arief, Kabupaten Blora kembali menerima penghargaan Adipura dari pemerintah pusat. Dan tahun depan menargetkan meraih Penghargaan Adipura Kencana.

"Terima kasih kepada PWI Blora, dengan aksi penanaman yang dilakukan PWI Blora ini, semoga dapat membantu Kabupaten Blora mencapai target meriah Adipura Kencana," lanjut Mas Arief.

Di kesempatan yang sama, dirinya juga mengucapkan selamat dan sukses pelaksanaan HPN serta HUT ke-78 PWI.

Momen ini diharapkan semua insan pers dapat saling menguatkan, berkualitas, profesional dan dapat berkontribusi dalam mengisi pembangunan.

"Melalui HPN tahun 2023 diharapkan pers bisa menjalankan tugas dan fungsi sesuai dengan fitrahnya yaitu memberikan pendidikan, informasi, hiburan dan sebagai kontrol sosial di masyarakat," harapnya.

Ia juga meminta pers dapat menjadi agent of change atau agen perubahan yang bisa membawa perubahan ke arah yang lebih baik, melalui informasi dan edukasi dalam pemberitaan yang disampaikan. Menjernihkan serta meluruskan yang bengkok.

"Selamat Hari Pers Nasional dan HUT ke-78 PWI dan terima kasih sudah banyak membantu dalam memberikan informasi-informasi program dari pemerintah. Semoga kolaborasi pers dengan pemerintah daerah dapat terjalin dengan baik lagi kedepannya," terangnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gunawan
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV