SUARA INDONESIA

Jelang Ramadan, Peziarah Makam Gus Dur Meningkat Tiga Kali Lipat

Gono Dwi Santoso - 09 March 2024 | 15:03 - Dibaca 759 kali
News Jelang Ramadan, Peziarah Makam Gus Dur Meningkat Tiga Kali Lipat
Para peziarah di makam Gus Dur, Jombang, Jawa Timur, Sabtu (09/03/2024).(Foto: Gono Dwi Santoso/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, JOMBANG- Menjelang bulan suci Ramadan 1445 H ,peziarah di makam Gus Dur meningkat tiga kali lipat daripada hari biasanya. Tampak antrean panjang para peziarah memadati di kompleks pemakaman Gus Dur di Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, Sabtu (09/03/2024).

Pantauan di lokasi, peziarah datang silih berganti. Mereka tiba untuk berziarah dan berdoa di makam Presiden ke-4 Republik Indonesia ini. Tak hanya tua dan muda, bahkan anak-anak juga ikut berkunjung ke makam Bapak Pluralisme tersebut.

Mundir Pondok Pesantren Tebuireng, Lukman Hakim mengatakan, sejak dua pekan belakangan ini makam Gus Dur ramai didatangi peziarah. "Mereka bukan hanya dari luar Jombang, tapi juga luar Jawa," terangnya.

Lukman menuturkan, kenaikan peziarah ini sampai tiga kali lipat dibanding hari biasanya. Tren peningkatan ini terjadi jelang datangnya bulan suci Ramadan.

"Kalau bulan puasa biasanya dibatasi. Dan pada tanggal 21 Ramadan mulai dibuka lagi bagi peziarah lokal,” pungkasnya.

Ika Intan, salah seorang peziarah, mengaku berziarah ke makam Gus Dur bersama rombongan. "Tak hanya tawasul, kami juga berdoa semoga bulan puasa nanti berjalan dengan lancar dan diberikan kesehatan serta kemudahan," ucapnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV