SUARA INDONESIA

Kesiapan Lebaran, Sopir dan Kernet Bus di Terminal Purabaya Sidoarjo Jalani Tes Urine dan Periksa Kesehatan

Amrizal Zulkarnain - 05 April 2024 | 14:04 - Dibaca 584 kali
News Kesiapan Lebaran, Sopir dan Kernet Bus di Terminal Purabaya Sidoarjo Jalani Tes Urine dan Periksa Kesehatan
Sopir dan kernet bus yang ada di Terminal Purabaya Kecamatan Waru, Sidoarjo, Jawa Timur, saat melakukan tes urine. (Foto: Amrizal/SUARA INDONESIA)

SUARA INDONESIA, SIDOARJO - Menghadapi mudik Lebaran 2024, Polda Jatim dan Satresnarkoba Polresta Sidoarjo, secara aktif melakukan tes urine dan pemeriksaan kesehatan terhadap kru bus di Terminal Purabaya, Kecamatan Waru, Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (5/3/2024).

Dari total 46 sopir bus yang mengikuti tes urine, semuanya dinyatakan negatif dari penggunaan obat-obatan terlarang.

Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol Christian Tobing menjelaskan, tes urine untuk para sopir bus dilakukan secara acak. Selain itu, pelaksanaannya juga akan dilakukan secara mendadak pada waktu yang berbeda di masa mendatang.

"Hingga saat ini, tidak ada hasil positif dari tes urine yang telah dilakukan. Namun, jika ada yang positif di masa depan, akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut," ujarnya, saat ditemui pada Kamis 4 April kemarin di Terminal Purabaya Sidoarjo.

Ia juga menegaskan bakal melakukan koordinasi dengan perusahaan operator bus untuk menangani sopir tersebut, sehingga tidak diizinkan untuk mengemudikan bus sementara waktu.

Perlu diketahui, rata-rata setiap bus dapat membawa sekitar 50 penumpang, kesehatan dan konsentrasi yang optimal sangat penting dalam mengemudikan bus tersebut.

Menurut Tobing, pemeriksaan kesehatan dan tes urine bagi kru bus bertujuan untuk memastikan kenyamanan, keamanan, dan kelancaran arus mudik serta balik Lebaran tahun ini.

Dengan demikian, langkah ini dapat mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas akibat kelalaian sopir bus dalam penggunaan atau penyalahgunaan narkoba atau obat-obatan terlarang.

"Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan kondisi kesehatan kru bus selalu terpantau dengan baik, sehingga penumpang dapat merasa aman dan nyaman," pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Amrizal Zulkarnain
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV