SUARA INDONESIA

Sambut Idul Fitri 1445 H, Atraksi Abit-abitan Meriahkan Takbir Keliling di Banjarnegara

Iwan Setiawan - 09 April 2024 | 21:04 - Dibaca 992 kali
News Sambut Idul Fitri 1445 H, Atraksi Abit-abitan Meriahkan Takbir Keliling di Banjarnegara
Atraksi abit-abitan atau pawai obor oleh santri PPAI Nur Safi'i kecamatan Purwareja Klampok semakin menambah semarak menyambut hari raya idul Fitri 2024

 SUARA INDONESIA - Pawai obor dan musik horek meramaikan takbir keliling di Kecamatan Purwareja Klampok, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Selasa (9/4/2024) malam. 

Menariknya, takbir keliling yang diikuti oleh masyarakat se-Kecamatan Purwareja Klampok dan ribuan santri PPAI Nur Safi'i ini juga dimeriahkan "abit-abitan" atau atraksi api menggunakan tongkat bambu.

Gema takbir berkumandang dari seluruh penjuru masjid. Sahut menyahut antara masjid yang satu dengan yang lainnya menambah suasana Hari Raya Idul fitri kian terasa.

Pengasuh pondok pesantren PPAI Nur Safi'i, Kyai Jamaludin mengatakan, kegiatan ini untuk menyabut hari Raya Idul Fitri 1445 hijriah, dan untuk menyiarkan Islam.

"Ada ribuan santri yang ikut memeriahkan takbir keliling ini, sekaligus dalam rangka meningkatkan rasa syukur kepala Allah," katanya.

Sementara itu, Tugino salah satu warga mengatakan, abit-abitan atau atraksi api digelar untuk melestarikan budaya yang ada di Kabupaten Banjarnegara yang hampir punah.

"Ini agar lebih menarik bagi khalayak. Kami juga ingin nguri-uri budaya yang ada di tempat kami," ujar Tugino. 

Tugino menambahkan, atraksi api ini dilakukan oleh profesional sehingga dipastikan aman. "Bagi yang baru, sebelum tampil kami syaratkan mengetahui teknik dasarnya agar aman," ujarnya.

Terpisah, Kapolsek Purwareja Klampok AKP Partono saat dikonfirmasi  memastikan jika takbir keliling di wilayahnya berjalan dengan aman dan kondusif.

"Bersama TNI/Polri dan ormas ikut berpartisipasi dalam pengamanan takbir keliling di Kecamatan Purwareja Klampok dan peserta tidak ada yang keluar wilayah," katanya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Iwan Setiawan
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV