SUARA INDONESIA

Pemkab Situbondo Bangun GOR Berkapasitas 3.000 Orang, Sedot Anggaran Rp 30,8 Miliar

Syamsuri - 19 June 2024 | 13:06 - Dibaca 582 kali
News Pemkab Situbondo Bangun GOR Berkapasitas 3.000 Orang, Sedot Anggaran Rp 30,8 Miliar
Bupati Situbondo, Karna Suswandi, didampingi forkopimda, wakil bupati dan sekda, saat pelepasan balon tanda dimulainya GOR Gelora Bung Karna. (Foto: Syamsuri/Suaraindonesia.co.id)

SUARA INDONESIA, SITUBONDO - Bupati Situbondo, Karna Suswandi meletakkan batu pertama (ground breaking) pembangunan Gelanggang Olah Raga (GOR) Gelora Bung Karna di Dusun Bataan RT 2 RW 1 Desa Kilensari, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Rabu (19/06/2024).

Pembangunan GOR ini menyedot anggaran pemerintah daerah sebesar Rp 30,8 miliar. Bangunan gedung yang berkapasitas 3.000 orang ini, diharapkan dapat memiliki daya ungkit ekonomi di kabupaten setempat.

"Kami berharap setelah selesai pembangunan GOR ini, berbagai event olahraga nasional sudah bisa diselenggarakan di Kabupaten Situbondo, sehingga dengan datangnya orang dari luar daerah, maka secara otomatis pertumbuhan ekonomi kita lambat laun akan meningkat," ujarnya.

Menurut bupati yang akrab disapa Bung Karna ini, dengan banyaknya event olahraga yang digelar di Situbondo, maka perputaran uang juga akan meningkat. Muaranya, pendapatan asli daerah (PAD) Situbondo akan semakin bertambah.

"DAU (dana alokasi umum) untuk Kabupaten Situbondo ini tiap tahun bukan semakin bertambah, tetapi semakin menurun. Tentu dengan menurunnya DAU ini harus diimbangi dengan kemandirian fiskal yang dilakukan," terangnya.

Untuk mencapai kemandirian fiskal ini, jelas Bung Karna, pemerintah daerah perlu menggagas, sekaligus melaksanakan langkah-langkah serius.

“Pembangunan GOR ini akan selesai pada Desember 2024. Diharapkan di pertengahan tahun 2025 sudah bisa dimanfaatkan berbagai event tingkat nasional maupun regional," tuturnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Permukiman (PUPP) Situbondo, Samsuri menambahkan, tujuan pembangunan GOR ini adalah untuk menjadi tempat pelatihan, pembinaan, dan kompetensi seluruh cabang olahraga di kabupaten setempat, kecuali sepak bola.

"Sedangkan anggaran atau biaya untuk pembangunan GOR BK ini berasal dari APBD dan pajak rokok tahun anggaran 2024, yaitu sebesar Rp 30,8 miliar," pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Syamsuri
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV