SUARA INDONESIA

Trend Pertumbuhan Ekonomi Positif, Bupati Fauzi Imbau UMKM Sumenep Gabung E-Katalog

Wildan Mukhlishah Sy - 25 June 2024 | 08:06 - Dibaca 1.30k kali
News Trend Pertumbuhan Ekonomi Positif, Bupati Fauzi Imbau UMKM Sumenep Gabung E-Katalog
Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, SUMENEP - Pertumbuhan ekonomi daerah di Sumenep mengalami trend positif, bahkan dari data yang ada, saat ini kenaikakan tersebut tembus hingga empat persen.

Melihat hal tersebut, Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo ingin memaksimalkan potensi yang ada di daerah, agar pertumbuhan itu bisa terus ditingkatkan.

Salah satunya, kata Fauzi adalah dengan mengajak para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Sumenep, bergabung ke dalam Katalog Elektronik pemerintah.

"Jumlah pelaku UMKM di Kabupaten Sumenep di atas angka 2.000 lebih. Tapi yang bergabung dengan pemerintah sekitar 490. Makanya kami mengajak yang lain untuk segera bergabung," ujarnya.

Hal tersebut ia sampaikan saat kegiatan Optimalisasi Penggunaan Produk dalam Negeri dan Pemberdayaan UMKM pada Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Melalui Katalog Elektronik, yang digelar Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) RI, di Hotel Kaberaz, Kecamatan Kota Sumenep, beberapa waktu yang lalu.

Lebih lanjut, ia menyampaiakan ada kemudahan promosi yang bisa didapatkan, jika para pelaki UMKM bergabung dalam katalog elektronik atau E-Katalog milik pemerintah.

Apalagi saat ini, kata dia hampir setiap kegiatan pemerintah sudah berbasik teknologi elektronik.

"Sekarang serba memakai E-Katalog pada setiap kegiatan pemerintah. Nah, ketika sudah bergabung maka penyelenggara cukup memilih di katalog elektronik untuk kebutuhan kegiatan," ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris Utama LKPP RI Iwan Herniwan mengaku kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) singkat kepada para pelaku UMKM terkait Katalog Elektronik.

Ia berharap melalui hal tersebut, para pelaku UMKM tidak lagi ragu untuk bergabung ke E-Katalog Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep.

"Kami ingin UMKM Sumenep tumbuh berkembang dengan cepat. Karena banyak kemudahan kalau bergabung dengan pemerintah," tutupnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV