SUARA INDONESIA

Atlet Sumenep Sumbang Empat Medali Emas di PON XXI, Cetak Sejarah Membanggakan

Wildan Mukhlishah Sy - 23 September 2024 | 11:09 - Dibaca 1.12k kali
Olahraga Atlet Sumenep Sumbang Empat Medali Emas di PON XXI, Cetak Sejarah Membanggakan
Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo saat memberikan penghargaan kepada ara atlet berprestasi di lapangan Kantor Pemkab Sumenep, Senin (23/9/2024). (Foto: Wildan/Suaraindonesia.co.id)

SUARA INDONESIA, SUMENEP- Prestasi membanggakan ditorehkan oleh sejumlah atlet Kabupaten Sumenep, dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024 Aceh-Sumatera Utara.

Dari total tujuh atlet yang diberangkatkan, Kabupaten Sumenep berhasil menyumbang empat medali emas untuk Jawa Timur dalam perhelatan tingkat nasional tersebut.

Mereka adalah Maulana Ismail dan M Indra, yang sukses membawa pulang medali emas dari cabang olahraga (cabor) atletik kategori estafet 4x400 meter putra. Selanjutnya, dari cabor atletik 400 meter putra, Maulana Ismail kembali menyabet medali emas dengan menumbangkan atlet provinsi lain.

Sementara dari cabor petanque, atlet kebanggaan Sumenep, Bagas Syarif Hidayat, menyumbangkan medali emas, melalui kategori Triple Man. Dan terakhir, atlet putri berprestasi, Putri Nur Hidayati, juga menyumbangkan emas untuk Jawa Timur, melalui cabor voli indoor putri.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumenep, Sutan Hadi Cahyadi mengungkapkan, prestasi tersebut menjadi catatan sejarah yang membanggakan. Sebab, kata dia, untuk pertama kalinya atlet dari Kabupaten Sumenep berhasil meraih medali emas di ajang PON.

Untuk itu, dirinya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya bagi para atlet yang telah berjuang dan berdedikasi penuh, dalam mengharumkan nama Kabupaten Sumenep di kancah nasional.

Selain itu, pria yang akrab disapa Sutan tersebut juga mengungkapkan rasa terima kasihnya, kepada seluruh stakeholder yang telah memberikan dukungan secara maksimal. Sehingga para atlet Sumenep berhasil membawa pulang medali emas dalam ajang PON XXI Aceh-Sumatera Utara.

"Ini adalah prestasi yang membanggakan. Ini merupakan sejarah. Baru kali ini Sumenep berhasil mendapatkan emas di PON. Jadi kami sangat bersyukur dan mengapresiasi juga kepada seluruh stakeholder dan masyarakat yang telah mendukung. Sehingga atlet Sumenep bisa berprestasi di PON XXI Aceh-Sumut kemarin," ungkapnya.

Selain medali emas, dirinya menyebut, atlet Sumenep juga berhasil meraih empat medali perak, yang berasal dari cabor sepak takraw kategori tim regu event putra dan kategori tim double event putra. Selanjutnya, cabor petanque kategori shooting man, serta kategori triple mix.

Tak hanya itu, cabor atletik kategori estafet 4x400 meter mix dan atletik kategori lompat tinggi galah, juga menyumbang masing-masing satu medali perunggu.

Lebih lanjut, pria yang juga merupakan politisi PDI Perjuangan itu berkomitmen akan terus memacu seluruh atlet, untuk bisa ke bertanding ke jenjang yang lebih tinggi. Bahkan hingga tingkat internasional.

"Kami akan terus memacu para atlet, untuk bisa semangat dan ke jenjang yang lebih tinggi, seperti pertandingan di tingkat nasional," ucapnya.

Sementara itu, Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo menegaskan, pencapaian ini bukanlah hasil instan, melainkan dari proses panjang yang melibatkan identifikasi bakat dini, pelatihan jangka panjang, kerja keras pelatih, tim pendukung, serta seluruh cabang olahraga yang berkontribusi dalam pencapaian prestasi tersebut.

Dirinya menyebut, keberhasilan itu diharapkan mampu membangkitkan optimisme dan harapan bagi para atlet Sumenep lainnya untuk terus berlomba-lomba mencetak prestasi di event-event internasional lainnya.

"Saya ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya atas nama Pemkab Sumenep kepada para atlet yang telah berjuang keras di PON 2024, dan memberikan kebanggaan yang luar biasa bagi masyarakat Kota Keris,” pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV