SUARA INDONESIA

Belajar Safety Riding di MPM Safety Riding Course, Begini Cara Daftarnya

Redaksi - 15 February 2022 | 14:02 - Dibaca 3.56k kali
Otomotif Belajar Safety Riding di MPM Safety Riding Course, Begini Cara Daftarnya
MPM Safety Riding (Foto: Istimewa)
SURABAYA– Keterampilan mengendarai motor memang bisa dipelajari siapa saja. Namun, tidak banyak yang menyadari bahwa saat belajar mengendarai motor ada hal penting lainnya yang harus dipelajari selain keterampilan, yaitu cara berkendara yang aman (safety riding). 

Demi mendukung terciptanya budaya berkendara yang aman, PT. Mitra Pinasthika Mulia (MPM Honda Jatim) distributor sepeda motor Honda wilayah Jatim & NTT membangun fasilitas pelatihan berkendara, yakni MPM Safety Riding Center.

MPM Safety Riding Centre tidak hanya untuk melatih para instruktur safety riding Honda, tetapi juga dibuka untuk umum, seperti komunitas, perusahaan, bahkan perorangan sekalipun.

“Fasilitas MPM Safety Riding Center ini bisa menjadi tempat belajar buat masyarakat khususnya Jawa Timur untuk mengasah ketrampilan berkendara dan ikut berkontribusi demi terciptanya budaya keselamatan berkendara di Indonesia khususnya di Jawa Timur,” kata Suhari selaku Marketing Communication & Development Division Head MPM Honda Jatim.

Pelatihan Safety Riding di MPM Safety Riding Center terbuka untuk masyarakat umum dan ditemani oleh 9 Instruktur safety riding yang telah teruji keterampilannya melalui Safety Riding Instructor Training (SIT) dan setiap instruktur dibekali kemampuan seperti pengetahuan dasar, public speaking dan pertolongan pada kecelakaan, mengendarai off road dan big bike, menyusun strategi penyampaian materi safety riding, dan mendesain sebuah training safety riding. Instruktur safety riding MPM Honda Jatim juga berprestasi dan bersertifikat Internasional.

Bagi masyarakat yang ingin memperkaya keterampilan berkendara dengan pengetahuan safety riding di MPM Safety Riding Center, info lebih lanjut bisa akses website di www.mpmsafetyridingacademy.com atau sosial media Instagram @mpmhondajatim.
 
MPM Safety Riding Center didirikan pada tahun 2016, memiliki lokasi seluas 5.715 meter persegi dengan luas track on road 4.433 meter persegi yang berada di Raya Sedati 101 Sidoarjo. Fasilitas ini berada dalam satu lokasi dengan MPM Leraning Centre.

Berikut fasilitas yang ada di MPM Safety Riding Centre :

Ruang kelas yang nyaman dan bersih

MPM Safety Riding Centre terdapat bangunan gedung yang berukuran 3.012 meter persegi dilengkapi dengan ruang kelas serta fasilitas lainnya seperti ruang loker, ruang makan dan klinik serta tribun yang berkapasitas 60 orang.

Riding Gear lengkap

MPM Safety Riding Centre juga didukung dengan 13 unit sepeda motor sport, 6 unit sepeda motor matic, dan 1 unit sepeda motor cub. Selain itu juga MPM Honda Jatim menyiapkan riding gear seperti helm, sarung tangan, sepatu dan protektor. 

Safety Riding Course

Selain fasilitas bangunan, pusat pelatihan berkendara ini dilengkapi dengan Safety riding course. Area ini digunakan untuk pelatihan berkendara sepeda motor yang aman, seperti teknik pengereman, teknik keseimbangan, teknik menikung, teknik melewati jalanan bergelombang, serta teknik memprediksi bahaya.

Honda Riding Trainer

Tidak hanya pengetahuan dan Skill berkendara, untuk megasah prediksi bahaya ketika berkendara juga bisa dengan mengggunakan Honda Riding Trainer (HRT) yaitu alat simulator untuk melatih mengenali bahaya disekitar sejak dini ketika berkendara.

Setiap tahunnya rata – rata 13.571 pelatihan telah mengikuti pelatihan keselamatan berkendara di MPM Safety Riding Center mulai dari usia dini sampai dengan masyarakat umum bekerjasama dengan pemerintah, kepolisian, sekolah, institusi, maupun komunitas masyarakat.

Selain MPM Safety Riding Center di Sedati Sidoarjo, MPM Honda Jatim dan PT. Astra Honda Motor (AHM) menghadirkan Safety Riding Lab Astra Honda di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen sebagai pusat pelatihan keselamatan berkendara bagi masyarakat Malang dan sekitarnya.

Selama masa pandemi, pelatihan safety riding di MPM Safety Riding Center tetap berjalan dengan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku seperti membatasi peserta pelatihan, menjaga jarak, membawa kelengkapan berkendara sendiri. Secara berkala perlengkapan berkendara di bersihkan dengan cairan disinfektan.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV