SUARA INDONESIA

Dominasi Podium AP250, Bendera Merah Putih Berkibar di Balapan Asia

Redaksi - 24 June 2023 | 17:06 - Dibaca 623 kali
Otomotif Dominasi Podium AP250, Bendera Merah Putih Berkibar di Balapan Asia
Pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT) saat berlaga di ARRC (Foto : AHM)

JAKARTA, Suaraindonesia.co.id - Cuaca mendung yang menghiasi langit Sportsland Sugo International Racing Course, Jepang saat balapan pertama putaran ketiga Asia Road Racing Championship (ARRC) 2023, tidak menyurutkan semangat pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT) dalam meraih podium. 

Rheza Danica Ahrens berhasil memimpin jalannya balapan dengan konsisten di posisi terdepan hingga bendera finis berkibar, disusul Veda Ega Pratama yang berhasil mempersembahkan podium ketiga.

Pemotongan rpm yang diberlakukan tidak mematahkan semangat juang para pebalap PT Astra Honda Motor (AHM). Pada sesi kualifikasi, Rheza berhasil mencetak waktu yang impresif dan memulai balapan pada posisi kedua. 

Hal yang sama juga diraih rekan satu timnya yaitu Veda dan juga Herjun Atna Firdaus yang memulai balapan di posisi kelima dan keenam.

Semangat juang tinggi pebalap muda AHRT tersebut terus ditunjukkan hingga balapan pertama dimulai. Rheza yang berada di posisi kedua langsung tancap gas ketika lampu hijau start menyala. Performa tangguh CBR250RR miliknya berhasil membawanya langsung memimpin balapan. 

Posisi Rheza tidak terbendung sejak awal balapan dan terus memperlebar jarak waktu dengan pebalap di belakangnya. Pada akhirnya, pebalap bernomor motor 123 ini berhasil menyelesaikan balapan di posisi pertama dengan jarak waktu 2 detik lebih cepat dibandingkan pebalap di posisi kedua. 

Sementara itu, perjuangan kompetitif juga tak kalah disajikan oleh Veda dan Herjun. Beberapa kali tersalip di rombongan balapan, Veda berhasil memisahkan diri dan menyelesaikan balapan di posisi ketiga, disusul Herjun di posisi keempat.

Sayangnya kondisi cuaca kurang berpihak pada kelas Supersport 600 (SS600). Sesaat sebelum balapan dimulai, rintik gerimis menghiasi aspal Sirkuit Sugo sehingga tim harus mengatur ulang strategi balap. Karena kondisi cuaca ini, insiden pebalap terjatuh langsung mewarnai sejak awal jalannya balapan. 

Hal yang sama juga terjadi pada pebalap AHRT yaitu M Adenanta Putra dan Gerry Salim yang terjatuh dan tidak dapat melanjutkan balapan.

Balapan kedua pada putaran ketiga ajang ARRC Jepang akan dilaksanakan pada Minggu, 25 Juni 2023. Kelas AP250 akan digelar pada pukul 12.05 WIB dan kelas SS600 pada pukul 12.50 WIB.

Quote Pebalap

"Saya bersyukur dan senang dapat meraih poin maksimal di balapan pertama ARRC Jepang ini. Saya mendapatkan setting dan juga feeling yang bagus saat mengendarai CBR250RR kali ini. Saya berharap dapat mempertahankan posisi juara di balapan kedua besok," ungkap Rheza Danica Ahrens. 

Pebalap lainnya, Veda Ega Pratama juga mengaku senang dengan hasil balapan yang diikutinya, kendati saat balapan kurang maksimal. 

"Saya senang sekali dengan hasil balapan hari ini, Meskipun saat start balapan saya kurang maksimal, namun saya dapat kembali fokus dan menyalip pebalap-pebalap di depan saya dan finis di posisi ketiga," ucap Ega. 

Sementara, pebalap Herjun Atna Fridaus mengaku cukup puas dirinya meraih poin di balapan pertama pada ARRC Jepang kali ini. 

"Saya cukup puas dapat meraih poin di balapan pertama ARRC Jepang ini, meskipun begitu saya akan berusaha untuk mendapatkan hasil lebih baik di balapan esok hari," kata Herjun. 

Selanjutnya, pebalap M. Adenanta Putra mengatakan, pada saat balapan, dirinya berhasil mendapat settingan motor yang baik setelah melakukan penyesuaian di suspensi.

"Sayangnya cuaca kurang mendukung dan ini kali pertama saya balapan wet race dengan CBR600RR. Semoga pada balapan esok hari saya dapat memberikan hasil yang lebih baik," ujarnya. (Adv) 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV