SUARA INDONESIA

Excellent Expo UMKM 2021, Pemkab Jember Perluas Pemasaran Produk Lokal

Wildan Mukhlishah Sy - 04 December 2021 | 17:12
Pemerintahan Excellent Expo UMKM 2021, Pemkab Jember Perluas Pemasaran Produk Lokal

JEMBER-Pemerintahan Kabupaten Jember secara resmi menggelar Excellent Expo UMKM 2021 yang diikuti oleh ratusan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dengan berbagai jenis produk unggulannya.

Kegiatan tersebut digelar di Gedung Serbaguna Kaliwates, Sabtu (4/12/2021) baik secara daring, maupun luring, dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Bupati Jember Hendy Siswanto mengungkapkan, melalui event tersebut Pemkab Jember siap untuk membantu UMKM, dalam memasarkan produk lokal Jember.

Dirinya memulai dengan jumlah penduduk sebanyak 2,5 juta jiwa, Kabupaten Jember memiliki potensi market yang cukup besar.

"Kalau transaksi 10 persen saja, akan menjadi geliat untuk pelaku UMKM," ungkapnya. 

Selain itu, Hendy menuturkan pengusaha UMKM harus terus berinovasi dan mengikuti perkembangan zaman, salah satunya adalah melek digital.

Menurutnya, saat ini penjualan produk akan menjangkau pasar yang lebih luas melalui pemasaran secara online. 

"UMKM se Jember harus mulai melek digital dan lebih giat lagi mempromosikan lewat online. Tanpa diikuti sistem digital akan sulit untuk bersaing," tuturnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Jember Arismaya Parahita dalam sambutannya menyebutkan, Excellent Expo UMKM 2021 merupakan rangkaian acara untuk menyambut hari jadi Jember yang ke-92 tahun. 

"Ini juga merupakan rangkaian acara dalam menyambut hari jadi Jember ke-92," ucapnya. 

Ke depan gelaran yang juga merupakan ruang publik untuk mengoptimalkan dan mempromosikan produk UMKM tersebut akan menjadi agenda tahunan bertajuk Wes Wayahe Fest. 

"Expo ini menampilkan produk unggulan Jember yang akan dipromosikan kepada masyarakat luas," tandasnya. 

Sekedar diinformasikan, sejumlah produk yang ditampilkan di expo kali ini terbagi dalam sembilan klaster, diantaranya 22 produk Kopi dan Coklat, 6 Ecoprint, 28 Batik, 50 Pangan, 20 Sambal, 14 Craft, 23 Perikanan dan Peternakan, 8 Pertanian dan 16 Herbal.

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV