SUARA INDONESIA

Bank Sampah Berkah Menjadi Inovasi di Kelurahan Sucenjurutengah Purworejo 

Agus Sulistya - 12 January 2022 | 19:01
Pemerintahan Bank Sampah Berkah Menjadi Inovasi di Kelurahan Sucenjurutengah Purworejo 

PURWOREJO - Peresmian Bank Sampah Berkah yang dirintis oleh para Ibu-Ibu PKK Kelurahan Sucenjurutentah diresmikan oleh Camat Bayan di Aula Kantor Kelurahan Sucenjurutengah, Kecamatan Bayan, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Rabu (12/01/2022).

Camat Bayan Moehardjono mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi adanya Bank Sampah Berkah di Kelurahan Sucenjurutengah karena secara administrasi sudah sangat baik.

"Administrasi itu sangat penting karena untuk kesejahteraan anggota. Mudah-mudahan untuk tahun mendatang hasilnya akan lebih baik dari sekarang," kata Camat Bayan.

Sementara itu, Ketua Bank Sampah Berkah, Heru Ratminah, menyampaikan untuk anggota Bank Sampah Berkah tersebut berjumlah lebih dari lima puluh rumah tangga.

"Setiap harinya, mereka rutin memilah sampah untuk dikumpulkan di Bank Sampah Berkah untuk diolah kembali menjadi barang yang memiliki manfaat," ucapnya.

Lebih lanjut, Ratminah mengatakan, saat ini Bank Sampah Berkah juga sudah bekerjasama dengan karangtaruna, akademisi khususnya mahasiswa sekitar, dan terus meluaskan operasionalnya.

"Bahkan terdapat anggota yang berasal dari kelurahan lain, diluar Sucenjurutengah. Nantinya ekonomi yang dihasilkan dengan pengelolaan sampah, akan kembali kepada seluruh anggota dan person yang terlibat dalam pemberdayaan Bank Sampah Berkah," katanya.

Ratminah menambahkan, kelompok pemberdayaan Bank Sampah Berkah, akan berupaya mengembangkan inovasi-inovasi yang berkaitan dengan pengolahan dan pemanfaatan sampah.

“Kita akan membuat pasar sampah, yang aktivitas didalamnya nanti berkaitan dengan sampah. Nanti juga akan ada sistem administrasinya," tutup Ratminah.

Terlihat hadir dalam acara tersebut, Camat Bayan, Lurah Sucenjurutengah, Kapolsek Bayan, Babinsa Bayan dan para anggota PKK setempat.

Pewarta : Agus Sulistya
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV