SUARA INDONESIA

Aplikasi Simpeldesa Permudah Masyarakat di Cilacap Mendapat Pelayanan Digitalisasi

Agus Sulistya - 25 February 2022 | 17:02
Pemerintahan Aplikasi Simpeldesa Permudah Masyarakat di Cilacap Mendapat Pelayanan Digitalisasi

CILACAP - PT Telkom Indonesia Tbk berinovasi dalam rangka mendukung peningkatan layanan publik di tingkat Desa. Hal itu diwujudkan dengan menghadirkan aplikasi bernama Simpeldesa. 

Kali ini, PT Telkom bekerjasama dengan Desa Jeruklegi Wetan, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap sebagai Desa percontohan. 

Dalam kesempatan tersebut, GM Telkom Purwokerto, Nanang Setiyo Utomo didampingi Wakil Bupati Cilacap, Syamsul Auliya Rachman melaunching aplikasi Simpeldesa tersebut. 

GM Telkom Purwokerto, Nanang Setiyo Utomo saat ditemui mengatakan, sebagai bentuk dukungan terhadap layanan publik di tingkat Desa, pihaknya melakukan trobosan dengan merubah pelayanan Desa menjadi otomasi. 

"Artinya dari semula prosedur yang biasa kini beralih menjadi digital melalui aplikasi Simpeldesa. Nantinya pelayanan masyarakat menjadi mudah dan transparan," ungkapnya di Balai Desa Jeruklegi Wetan, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Jumat (25/2/2022). 

Lebih lanjut, kata dia, pihaknya ingin mendorong pemerintahan di tingkat Desa untuk bisa memanfaatkan teknologi agar dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat. 

"Sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi sekaligus menggali potensi-potensi yang ada di Desa, khususnya di desa Jeruklegi Wetan ini," imbuhnya. 

Pihaknya juga berencana akan mempromosikan ke seluruh Desa yang ada bahwa rujukan utama apilkasi Simpeldesa adalah Desa Jeruklegi Wetan. 

"Kami berharap ini bisa berjalan dan memberikan manfaat yang luas kepada masyarakat agar mudah mendapatkan pelayanan. Sedangkan dari sisi pemerintah mudah mendapatkan data-data detail yang ada di masyarakat," ucapnya. 

Sementara itu, Wakil Bupati Cilacap, Syamsul Auliya Rachman menyampaikan apresiasi tinggi inovasi dari PT Telkom dalam mendukung peningkatan pelayanan publik di Desa. 

Menurutnya, hal tersebut dapat memberikan dorongan serta manfaat untuk masyarakat melalui digitalisasi dalam bidang pelayanan. 

"Masyarakat nantinya dapat memanfaatkan pelayanan seperti informasi, pelayanan Desa, ekonomi maupun lainnya," kata dia. 

Bahkan, ada tombol panik yang berfungsi apabila ada suatu kejadian di masyarakat yang dapat dipergunakan dalam keadaan darurat. 

"Masyarakat dapat memanfaatkan dengan mudah dan caranya sederhana, cukup hanya regristrasi dengan mendaftarkan NIK mereka pada aplikasi Simpeldesa di handpone masing-masing," pungkasnya. (Satria Galih Saputra)

Pewarta : Agus Sulistya
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya