SUARA INDONESIA

Ukur Keberhasilan Siswa, MKKS Situbondo Gelar Lomba Akademik

Syamsuri - 19 May 2022 | 20:05 - Dibaca 1.62k kali
Pemerintahan Ukur Keberhasilan Siswa, MKKS Situbondo Gelar Lomba Akademik
BANGUN SINERGITAS : Plt. Kepala Kadispendikbud, Hj.Siti Aisyah setelah membuka acara lomba, poto bareng bersama Pengurus MKKS SMPN Situbondo.

SITUBONDO - Untuk mengukur keberhasilan sekolah, Kepala Sekolah, guru, dan siswa SMPN di Kabupaten Situbondo, Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) menggelar 10 macam lomba akademik dan non akademik tingkat SMPN se-Kabupaten Situbondo, di Aula Gedung SMP Negeri 1 Situbondo. Kamis (19/5/2022). 

Ketua MKKS SMPN Kabupaten Situbondo, Dwi Sukwantoro mengatakan, kegiatan lomba yang diselenggarakan oleh MKKS SMPN ini merupakan  agenda rutin yang bertujuan untuk mewadahi prestasi bagi siswa siswi SMPN se Kabupaten Situbondo.

Selain itu, juga untuk memfasilitasi siswa  siswi SMPN yang berprestasi, sehingga dari hasil prestasinya tersebut bisa dijadikan syarat untuk melanjutkan masuk ke SMAN maupun SMKN, melalui jalur prestasi, kata Dwi Sukwantoro. 

Kegiatan lomba ini diikuti kurang lebih 500 siswa SMPN yang ada di Kabupaten Situbondo, dan dari masing SMPN yang mengikuti lomba sebanyak 50 siswa. 

 "Tema yang diusung dalam lomba ini adalah Mewujudkan Prestasi Sebagai Profil Pelajar  Pancasila," jelas Dwi Sukwantoro.

Adapun jenis lomba kali ini, kata dia, terdiri dari lomba desain motif batik, lomba tartil, lomba nyanyi solo, lomba OSN (Matematika, IPA, dan IPS).

"Lomba petanque dan lomba atletik, khusus untuk  lomba olah raga atau atletik kita tempatkan di SMPN1 Panarukan," terang Dwi Sukwantoro. 

Dwi Sukwantoro berharap, dengan adanya kegiatan lomba ini, benar benar dijadikan wadah bagi siswa siswi SMPN di Kabupaten Situbondo.

"Untuk lebih semangat belajar dan berinovasi dalam meraih prestasi," paparnya.

Sementara Plt. Kadispendikbud Kabupaten Situbondo, Siti Aisyah, usai membuka acara mengatakan lomba ini merupakan moment berharga bagi anak untuk unjuk kreatifitas inovasi kemampuan sesuai dengan bakat dan minat siswa. 

Siti juga mengapresiasi kegiatan lomba yang digelar oleh MKKS SMPN Situbondo. Menurutnya, lomba itu bisa dapat mengukur kemampuan sekolah dan siswa mana saja yang banyak memperoleh prestasi. 

Menurutnya, setelah siswa tersebut berprestasi di tingkat Kabupaten, selanjutnya siswa yang berprestasi tersebut diberi pembinaan oleh sekolahnya.

"Tujuannya, disiapkan ke jenjang lomba di Tingkat Provinsi maupun Nasional. Kalau ini berhasil tentu akan membawa nama baik Kabupaten Situbondo," tambahnya. 

Pihaknya berharap, ajang kompetisi ini dapat membentuk karakter siswa berprestasi dan juga membekali siswa dapat berfikir secara logis.

"Tujuannya, agar dapat bekerjasama dengan temannya dan dapat menghargai kelebihan lawan dan mengakui kelemahan diri sendiri, itu pembelajaran kepada siswa pada ajang lomba ini," harapnya. 

Dan Alhamdulillah, selama saya memimpin sudah banyak prestasi yang sudah didapatkan baik di tingkat Kabupaten, Provinsi maupun Nasional, mudah mudahan prestasi ini terus meningkat ke Tingkat Internasional, sehingga dengan banyak prestasi, nama Situbondo akan semakin harum di luar Kabupaten, harapnya. 

Selain itu, lomba yang diselenggarakan oleh MKKS SMPN ini juga akan bisa mengukur keberhasilan kepala sekolah dengan program di sekolah sesuai visi dan misi yang ditetapkan bersama dengan warga sekolah yaitu berprestasi, baik secara akademis maupun non akademis.

Kemudian guru, seberapa jauh strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang diterapkan telah membuat para peserta didik dapat menguasai standar isi dan kompetensi lulusan dalam ukuran kuantitatif dan kualitatif.

Yang ketiga katanya, siswa, seberapa jauh penguasaan materi yang dibelajarkan dalam kelas dengan rentang waktu yang telah ditetapkan, diukur dalam bentuk soal-soal valid dan reliabel dengan keterampilan pengerjaan soal.

“Jadi, dengan adanya lomba ini akan terukur seluruh keberhasilan dari para pihak yang terlibat langsung maupun tidak langsung, dengan indikator pencapaian yang telah ditetapkan,” katanya.

Perlu diketahui, lomba ini juga akan menjadi cikal bakal persiapan untuk segala lomba yang diselenggarakan oleh Provinsi maupun  Nasional setiap tahunnya, seperti OSN, O2SN, , LME, OPSI, dan lainnya,” kata Siti Aisyah.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Syamsuri
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV

Pemerintahan

View All
EDISI, 14 MARET 2024
14 March 2024 - 19:03
EDISI, 14 MARET 2024
EDISI, 12 FEBRUARI 2024
12 February 2024 - 17:02
EDISI, 12 FEBRUARI 2024
EDISI, 11 FEBRUARI 2024
11 February 2024 - 07:02
EDISI, 11 FEBRUARI 2024
EDISI, 09 JANUARI 2024
09 February 2024 - 17:02
EDISI, 09 JANUARI 2024
EDISI, 08 FEBRUARI 2024
08 February 2024 - 17:02
EDISI, 08 FEBRUARI 2024