SUARA INDONESIA

Pemda Keerom Menuju Birokrasi Modern Lewat Aplikasi e-Office

Mustakim Ali - 14 July 2023 | 09:07 - Dibaca 788 kali
Pemerintahan Pemda Keerom Menuju Birokrasi Modern Lewat Aplikasi e-Office
Bupati Keerom Piter Gusbager pose dengan PLH Gubernur Papua, Ridwan Rumasukun usai penandatanganan MOU. (Foto : Mustakim/suaraindonesia.co.id)

KEEROM, suaraindonesia.co.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Keerom kembali melakukan penandatangan Perjanjian Kerjasama MOU dengan Pemerintah Provinsi Papua dalam rangka penggunaan Aplikasi e-Office pada Senin kemarin (10/07/2023).

Penandatanganan ini menghadiri Plh Gubernur Papua Dr.M.Ridwan Rumasukun dan Bupati Keerom Piter Gusbager juga hadir Plh. Sekda Provinsi Papua Derek Hegemur, Kadiskominfo Provinsi Papua Jeri Agus Yudianto, Kadis Kominfo Papua Barat Daya Irma Riyani Soleman, Sekretaris Dinas Kominfo Kabupaten Keerom Lanang Eka Samuel, Kepala OPD serta pejabat Eselon 3 dan 4 dari Dinas terkait.

Dikatakan Jeri Agus Yudianto, Aplikasi e Office ini merupakan aplikasi Administrasi perkantoran berbasis website untuk yang digunakan untuk memfasilitasi disposisi surat oleh pimpinan. Dengan fitur sederhana yang sudah mendapatkan lisensi sertifikat BSrE (Balai Sertifikasi Elektronik).

Dalam kerjasama ini Pemerintah Provinsi Papua memfasilitasi infrastruktur TIK yang dibutuhkan untuk mempersiapkan dan menyedikan aplikasi e-Office. Sedangkan kewajiban Pemerintah Kabupaten Keerom mempersiapkan Infrastruktur TIK untuk mendorong keberlangsungan penggunaan aplikasi e-Office, seperti menyediakan pegawai data base untuk registrasi akun pada aplikasi e-Office, sumber daya manusia dan sub domain serta melakukan sosialisasi penggunaan Aplikasi e-Office.

Sementara itu Bupati Keerom Piter Gusbager pada sambutannya mengatakan, Pemerintah Kabupaten Keerom sangat berterimakasih atas dukungan dari Pemerintah Provinsi Papua melalui Diskominfo Provinsi Papua dan Diskominfo Kabupaten Keerom yang telah membangun kerjasama mengenai pemanfaatan e-office dalam implementasi Tanda Tangan Elektronik (TTE).

"Dimana sebelumnya Diskominfo Kabupaten Keerom telah mendapatkan sertifikat elektronik dalam Kerjasama Tanda Tangan Elektronik dari Balai Sertifikasi Elektronik (BsrE) di Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) pada bulan Maret 2023," ungkap Bupati.

Adapun Aplikasi e-Office ini dimaksudkan untuk memudahkan instansi dalam pengelolaan dokumen surat menyurat dan aktivitas perkantoran secara online.

Menurut Bupati, pelayanan berbasis online ini memang sudah sangat dibutuhkan diera perkembangan teknologi saat ini.

“Kita sudah ada di era 4.0, sehingga memang diperlukan pelayanan yang berteknologi agar semakin mudah, efektif, efisien dan menghindari terjadinya tumpang tindih ataupun pemborosan penyelenggaraan tata naskah dinas serta mendorong terciptanya birokrasi modern yang efektif dan efisien,” ujar Piter.

Pihaknya berharap pembinaan dan dukungan baik dalam bentuk anggaran maupun pelaksanaan program kegiatan Pemerintah Provinsi Papua di Kabupaten Keerom dapat terus ditingkatkan dan perluasan cakupannya dimasa depan.

"Pemerintah Kabupaten Keerom akan terus bersinergi dengan seluruh pihak dalam rangka mendorong kemajuan pembangunan Keerom ke arah lebih baik di masa akan datang. Ini juga tentunya akan sangat menunjang kesejahteraan rakyat secara menyeluruh,” ujarnya. (Adv) 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Mustakim Ali
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV

Pemerintahan

View All
EDISI, 14 MARET 2024
14 March 2024 - 19:03
EDISI, 14 MARET 2024
EDISI, 12 FEBRUARI 2024
12 February 2024 - 17:02
EDISI, 12 FEBRUARI 2024
EDISI, 11 FEBRUARI 2024
11 February 2024 - 07:02
EDISI, 11 FEBRUARI 2024
EDISI, 09 JANUARI 2024
09 February 2024 - 17:02
EDISI, 09 JANUARI 2024
EDISI, 08 FEBRUARI 2024
08 February 2024 - 17:02
EDISI, 08 FEBRUARI 2024