SUARA INDONESIA

Kemendikbudristek Klaim Hampir 70 Persen Satuan Pendidikan Terapkan Kurikulum Merdeka

Lutfi Hidayat - 29 August 2023 | 08:08 - Dibaca 1.31k kali
Pendidikan Kemendikbudristek Klaim Hampir 70 Persen Satuan Pendidikan Terapkan Kurikulum Merdeka
Ilustrasi implementasi Kurikulum Merdeka. (Foto: suara.com, media jejaring suaraindonesia.co.id)

Suaraindonesia.co.id - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengklaim hampir 70 persen satuan pendidikan di seluruh Indonesia telah menerapkan Kurikulum Merdeka melalui Program Sekolah Penggerak, SMK Pusat Keunggulan, dan Implementasi Kurikulum Merdeka Jalur Mandiri.

Plt. Kepala Pusat Kurikulum dan Pembelajaran (Puskurjar) Kemendikbudristek, Zulfikri Anas, mengatakan bahwa masih terdapat sekitar 30 persen sekolah yang belum mengimplementasikan Kurikulum Merdeka.

Zulfikri menegaskan, informasi mengenai Kurikulum Merdeka telah disampaikan melalui program Guru Berbagi atau komunitas-komunitas belajar. Informasi itu lewat Platform Merdeka Mengajar (PMM) dan webinar.

"Saya beberapa kali ke daerah melihat komunitas belajar di berbagai daerah sudah aktif dimotori oleh guru penggerak. Jadi sekolah-sekolah yang belum menerapkan Kurikulum Merdeka mungkin karena belum yakin,” katanya saat Workshop Pendidikan: Sosialisasi Kurikulum Merdeka di Kota Tangerang Selatan, Banten, Senin (28/8/2023), dikutip dari kemdikbud.go.id.

Menurutnya, Kemendikbudristek telah merancang kurikulum sesederhana mungkin sehingga dapat diterapkan secara fleksibel dalam situasi apapun. Prinsip utama dalam Kurikulum Merdeka adalah materinya sederhana, esensial, fleksibel, dan kontekstual serta relevan dengan kebutuhan peserta didik dan kebutuhan di daerahnya masing-masing. 

Zulfikri menambahkan, Kurikulum Merdeka juga fokus pada penguatan karakter sehingga memberikan keleluasaan kepada guru untuk berkreasi dalam kondisi apapun.

“Yang penting meningkatkan kualitas hubungan antara guru dengan murid. Supaya murid punya keinginan belajar, cinta belajar dan semangat belajar sepanjang hayat,” ujarnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lutfi Hidayat
Editor : Irqam

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV