SUARA INDONESIA

Ultah Pertama, SMK Negeri Pagentan Banjarnegara Gelar Kirab Gunungan Sayuran dan Buah Salak

Iwan Setiawan - 26 July 2024 | 08:07 - Dibaca 1.69k kali
Pendidikan Ultah Pertama, SMK Negeri Pagentan Banjarnegara Gelar Kirab Gunungan Sayuran dan Buah Salak
Orang tua murid dan siswa SMKN Pegentan Banjarnegara saat akan berebut gunungan di ultah pertama. ( Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, BANJARNEGARA- SMK Negeri Pagentan, Banjarnegara, Jawa Tengah, Kamis (26/7/2024) merayakan ultah yang ke-1. Dalam perayaan hari jadi ini juga melibatkan orang tua murid.

Dalam perayaan ultah yang pertama ini orang tua murid SMK Negeri tampak memikul tiga gunungan yang berisi hasil bumi seperti sayur mayur, buah salak dan sebagainya untuk dibawa ke kompleks halaman sekolah.

Bukan hanya itu saja, orang tua siswa dalam kesempatan ini juga menampilkan berbagai kesenian tradisional khas Kecamatan Pagentan seperti seni Jebin.

Usai di doakan oleh Bawono Anggota DPRD Banjarnegara, gunungan tersebut pun menjadi rebutan ratusan siswa maupun orang tua wali murid.

Resti salah satu siswa mengaku senang karena saat berebut gunungan berhasil mendapatkan sayuran kubis, terong dan beberapa buah salak Menurutnya kegiatan ini dimaknai sebagai bentuk kebersamaan dan keberkahan semua siswa.

"Rasanya senang sekali, mudah-mudahan di tahun depan bisa dilaksanakan lebih meriah lagi," ujarnya.

Kepala SMK Negeri Pagentan Pontjo Nugroho mengatakan, Ultah yang pertama ini pihaknya mengambil tema "Kolaborasi" dimana mulai perencanaan, pendidikan dan seterusnya berkolaborasi dengan Pemkab, Pemprov Jateng dan masyarakat.

"Dalam pawai gunungan di Ultah SMK Negeri Pagentan kami juga melaksanakan pawai gunungan salak sebagai simbol bahwa daerah ini merupakan penghasil salak terbesar di Banjarnegara, kita juga sedang mendorong untuk adanya pengolahan buah salah sehingga ada data saing untuk diperjual belikan," katanya.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 9 Provinsi Jateng Hikmah Nurbaity mengatakan, di ultah yang pertama SMK Negeri Pagentan sudah ada peningkatan signifikan.

"Dimana hingga saat terdapat empat rombongan kelas 10 dan empat rombongan di kelas 11, dengan jurusan elestasi listrik dan energi terbarukan dan ini masih sangat jarang sehingga alumninya sangat dibutuhkan," ujarnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Iwan Setiawan
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV