SUARA INDONESIA

Silatnas II dan Simposium Internasional 2023 Resmi Dibuka, Wamenag RI: Mari Pererat Persatuan

Wildan Mukhlishah Sy - 21 September 2023 | 08:09 - Dibaca 1.69k kali
Pendidikan Silatnas II dan Simposium Internasional 2023 Resmi Dibuka, Wamenag RI: Mari Pererat Persatuan
Wakil Menteri Agama Republik Indonesia (Wamenag RI) Saiful Rahmat Dasuki saat pembukaan Silatnas II dan Simposium Internasional 2023. (Foto: Istimewa)

SURABAYA, suaraindonesia.co.id - Silaturrohim Nasional (Silatnas) II dan Simposium Internasional 2023 resmi dibuka lamgsung oleh Wakil Menteri Agama Republik Indonesia (Wamenag RI) Saiful Rahmat Dasuki.

Lewat forum yang dilaksankan di Asrama Haji Sukolilo, Kota Surabaya, Jawa Timur tersebut, Wamaneg RI meminta para pengawas madrasah se Indonesia untuk membangun dan mempererat persatuan bersama.

Hal tersebut sesuai dengan amanat Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas yang berhalangan hadir dalam kegiatan yang diadakan oleh Kelompok Kerja Pengawas Madrasah Nasional itu 

Menurutnya pertemuan tersebut harus menjadi wadah untuk menyatukan komitmen  demi kemajuan seluruh madrasah yang ada di Indonesia terutama di era digital saat ini.

"Karena dalam serba digital, terkadang kita merasa terpisah oleh jarak, tetapi saatnya kita untuk mempererat hubungan dan memperkuat komitmen kita terhadap satu dengan yang lainnya," jelasnya.

Dirinya juga mengingatkan bahwa transformasi digital merupakan hal yang tidak bisa dihindari dan memicu banyak perubahan dalam.cara bekerja maupun beraktifitas sehari-hari.

Untuk itu ujarnya, para pengawas harus mampu responsif dan adaptif terhadap perubahan-perubahan tersebut agar bisa terus maju serte memperkuat persatuan yang telah dibangun sebelumnya.

"Tantangan zaman memaksa kita untuk responsif terhadap perubahan dengan situasi yang dinamis dengan kemajuan teknologi yang sangat cepat," tandasnya.

Pihaknya mengaku, menjaga kesatuan tersebut merupakan bagian dari tugas utama yang penting untuk dilakukan secara bersama-sama.

"Saatnya kita bergerak maju di dalam era digital ini, kita dapat melakukannya satu sama lain, dengan berbagi pengatahuan dan berkolaborasi untuk mencapai hasil yang lebih baik," tuturnya.

Caranya adalah dengan meningkatkan kompetensi dan kapasitas pengawas yang menjadi kompenen kebutuhan madrasah untuk mencapai sebuah keberhasilan.

"Tugas pengawas menjadi pendampingan dan mitra bagi para kepala-kepala madrasah dan guru, sesuai dengan progam-progam strategis Kementerian Agama," pungkasnya.

Selain itu, Wamenag RI juga mengaku senang pada gelaran acara yang akan berlangsung selama tiga hari tersebut dari tanggal 20-22 September 2023. 

"Alhamdulillah, kita bisa bersilaturrohim dalam pertemuan Silatnas di Surabaya, mudah-mudahan kehadiran dan pembahasan ini akan membawa keberkahan bagi kita, khususnya bangsa dan negara," katanya, pada Rabu, 20 September 2023.

Pembukaan Saltanas II dan Simposium Internasional 2023 itu pun berlangsung meriah ditandai dengan pemukulan gong sebanya lima kali oleh Wameng RI.

Ribuan pengawas dari 34 provinsi di Indonesia yang hadir dalam forum tersebut juga disambut meriah dengan pakaian adat dari berbagai daerah serta berbagai penampilan, salah satunya adalah pembacaan puisi oleh Budayawan Asal Sumenep, Ibnu Hajar, dengan judul 'Melukis Langit di Balik Mimpi'.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Wildan Muklishah

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV