SUARA INDONESIA

Kwaran Cilacap Selatan Gelar Pesta Siaga, Ajang Tumbuhkan Mental dan Siapkan Generasi Emas

Satria Galih Saputra - 06 February 2024 | 23:02 - Dibaca 1.43k kali
Pendidikan Kwaran Cilacap Selatan Gelar Pesta Siaga, Ajang Tumbuhkan Mental dan Siapkan Generasi Emas
Puluhan siswa perwakilan dari SD Pius Cilacap saat mengikuti Pesta Siaga. (Foto: istimewa)

SUARA INDONESIA, CILACAP - Lapangan Krida Bangga Mbangun Desa yang berlokasi di Jalan Bromo, Cilacap dipenuhi ratusan siswa sekolah dasar (SD) berseragam pramuka pada Selasa (6/2/2024). Mereka diketahui tengah mengikuti kegiatan lomba Pesta Siaga yang digelar Kwarran Cilacap Selatan.

Kendati kondisi lapangan yang becek usai diguyur hujan, namun tak menyulutkan semangat anak-anak untuk mengikuti kegiatan tersebut dan terlihat antusias.

Dalam kesempatan itu, para peserta bersaing untuk mendapatkan nilai tertinggi dengan mengikuti sejumlah perlombaan yang berkaitan dengan keterampilan, spiritual, ketaqwaan, tanda pengenal, seni budaya, kemanusiaan, lingkungan, dan lainnya.

Ketua Majelis Pembimbing Ranting Kwarran Cilacap Selatan, Basuki Priyo Nugroho mengatakan, pesta siaga ini dalam rangka mempersiapkan anak-anak siaga terbaik untuk maju dalam Pesta Siaga Tingkat Kabupaten mewakili Kwarran Cilacap Selatan.

"Jadi kegiatan ini disamping seleksi, juga sebagai ajang untuk menumbuhkan adik-adik siaga ini menjadi generasi yang siap baik secara mental, spiritual, keterampilan, dan lain sebagainya. Termasuk bagaimana anak-anak ini bisa memunculkan suatu kreasi maupun kreativitas," ungkapnya.

Di samping itu, lanjut Basuki, kegiatan itu juga sebagai sarana pembinaan mental untuk generasi bangsa.

"Sehingga di tahun 2045 Indonesia emas ini mereka menjadi suatu bagian yang siap untuk melanjutkan menjadi generasi-generasi pemimpin melanjutkan masa depan bangsa Indonesia," ujarnya.

Sementara Ketua Kwarran Cilacap Selatan, Nining Murningsih menyampaikan, peserta Pesta Siaga ini berjumlah 656 siswa dari 41 perindukan sekolah dasar yang ada di Kecamatan Cilacap Selatan, terbagi menjadi dua yakni barung putra dan barung putri

"Jadi mereka bersaing mengikuti 10 taman, dan harus mengikuti semuanya. Dan barung Yang nanti mendapatkan nilai tertinggi akan mendapat juara. Untuk tim penilai sendiri dari pembina di sekolah. Ada juga tim penilai dari pihak lain," jelasnya.

Diharapkan melalui kegiatan tersebut, nantinya mendapatkan barung tergiat dan terbaik, sehingga bisa mewakili Kwarran Cilacap Selatan di perlombaan berikutnya yakni di Tingkat Kwarcab.

"Dan anak-anak yang ikut kegiatan Pesta Siaga ini bisa menjadi generasi emas di tahun 2045 mendatang," pungkas Nining. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Satria Galih Saputra
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV