SUARA INDONESIA

Empat Sekolah di Karimun Terima Penghargaan Adiwiyata Nasional dan Mandiri dari KLHK

Syahid Bustomi - 27 September 2024 | 17:09 - Dibaca 148 kali
Pendidikan Empat Sekolah di Karimun Terima Penghargaan Adiwiyata Nasional dan Mandiri dari KLHK
SMA Negegi 4 Karimun, merupakan salah satu sekolah yang telah berhasil meningkatkan pencapaiannya dengan meraih penghargaan Adiwiyata Mandiri dari Kementrian KLHK. (foto: istimewa)

SUARA INDONESIA, KARIMUN - Empat sekolah di Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, menerima penghargaan Adiwiyata Nasional dan Mandiri dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Ini merupakan penghargaan yang diberikan kepada sekolah yang berhasil melaksanakan gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah, melalui 6 perilaku ramah lingkungan hidup.

Pengharagaan tersebut, rencananya akan diserahkan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan  Kehutanan bersama Menteri Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi, di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, pada Rabu 2 Oktober 2024 mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Karimun, Sugianto mengatakan, ada tiga sekolah yang meraih penghargaan Adiwiyata nasional, yakni SDS 005 Cahaya Meral untuk Kategori Adiwiyata Nasional, dan SMPN 1 Meral dan SDN 003 Kundur Utara untuk kategori Adiwiyata Mandiri. 

"Untuk di bawah kewenangan kita itu ada 3 sekolah, yaitu SDS 005 Cahaya Meral, SMPN 1 Meral dan SDN 003 Kundur Utara. Kami ucapkan selamat kepada sekolah yang telah berhasil meraih penghargaan ini, semoga bisa dipertahankan dam ditingkatkan lagi," kata Sugianto, Jumat (27/9/2024).

Ia menjelaskan, Adiwiyata Nasional merupakan penghargaan yang diberikan kepada sekolah yang telah berhasil melaksanakan program Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah, sementara Adiwiyata Mandiri merupakan penghargaan yang diberikan kepada daerah yang memiliki minimal 10 sekolah binaan yang telah mendapatkan penghargaan Adiwiyata Kabupaten/Kota.

"Kami mewakili pemerintah Kabupaten Karimun menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada sekolah-sekolah. Semoga ini bisa menjadi contoh untuk sekolah lainnya di Karimun," sebutnya.

Selain ketiga sekolah itu, satu sekolah lainnya yang juga menerima penghargaan Adiwiyata Mandiri yaitu SMAN 4  Karimun yang merupakan sekolah naungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau. 

Atas pencapaian itu, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Kepri di Kabupaten Karimun, Zulfan Effendy, juga menyampaikan apresiasi kepada SMAN 4 Karimun yang telah berhasil meningkatkan pencapaiannya dengan meraih penghargaan Adiwiyata Mandiri.

"Kami ucapkan selamat dan apresiasi setinggi-tingginya. Semoga ini bisa menjadi percontohan untuk sekolah lainnya, dan tentunya ini harus terus dipertahankan," katanya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Syahid Bustomi
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV