SUARA INDONESIA

Hobi Pelihara Cupang, Pemuda di Purworejo Raup Untung Besar

Agus Sulistya - 07 June 2021 | 15:06
Peristiwa Daerah Hobi Pelihara Cupang, Pemuda di Purworejo Raup Untung Besar

PURWOREJO - Ikan cupang merupakan ikan hias yang saat ini sangat tren dan digemari oleh masyarakat umum mulai dari kalangan bawah sampai kalangan atas.

Untuk mendapatkan ikan cupang sendiri banyak dijumpai dengan harga pasaran yang bisa mencapai ratusan ribu rupiah hingga jutaan.

Abdul Kurnain salah satu penggemar dan penjual ikan cupang warga asli Jl WR, Supratman No,75 B Kelurahan Baledono, Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, mengungkapkan, berawal dari hobi sekitar 3 tahun yang lalu dirinya mulai gemar ikan dan dari situ ia mulai terjun bisnis ikan cupang.

"Jadi awalnya budidaya ikan cupang ini dari hobi mas, kemudian kita kembangkan menjadi bisnis seperti sekarang ini," ungkapnya kepada kontributor suaraindonesia.co.id dirumahnya, Senin (07/06/2021).

Lebih lanjut, Cornen sapaan akrabnya menjelaskan, untuk jenis ikan cupang sendiri dirinya menjual dengan jenis ikan multi dan bluerim dengan harga mulai dari Rp 100 ribu sampai Rp 1 juta.

"Untuk penghasilan rata-rata dari penjualan ikan cupang ini setiap bulan bisa mencapai Rp 5 juta sampai Rp 6 juta, selain menjual kita disini juga beternak sendiri dan ngebrid sendiri," jelasnya.

Untuk pemasaran, Cornen menjual secara online dan banyak pembeli dari luar negeri seperti Singapura, Malaysia dan Thailand.

"Selain luar negeri banyak juga pesanan dari Jakarta, Kalimantan mas, karena kita utamakan kualitas dari ikan cupang ini supaya pembeli dan penggemar ikan cupang tidak kecewa saat membeli pada kita," ucapnya.

Selain untuk dijual ikan-ikan cupang tersebut juga beberapa kali mengikuti kegiatan lomba regional.

"Untuk lomba beberapa kali saya mengikuti lomba regional di Magelang dan Semarang, alhamdulillah dapat juara satu," imbuhnya.

Cornen berharap, untuk para penggemar ikan cupang supaya jangan saling menjatuhkan dan saling menyalahka.

"Ayo mari kita bersama-sama membangun dunia ikan cupang, biar harga cupang ini lebih bagus dari tahun-tahun sebelumnya," harapnya.

Sementara itu, Fauzi salah satu pembeli ikan cupang milik Cornen mengungkapkan, dirinya suka membeli ikan cupang ditempat tersebut karena kualitas ikanya bagus, bentuk dan warnanya menarik.

"Yang pasti harganya terjangkau mas, dan ikan cupang disini bagus-bagus warnanya jadi kita ini merasa puas kalau beli disini," singkatnya.

Pewarta : Agus Sulistya
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV