SUARA INDONESIA

Siapkan Kuliner Khas Desa Wisata, Pokdawis Gunung Gajah Pandanrejo gelar Lomba Tumpeng Goyang Dewa Pandan

Widiarto - 31 August 2021 | 17:08
Peristiwa Daerah Siapkan Kuliner Khas Desa Wisata, Pokdawis Gunung Gajah Pandanrejo gelar Lomba Tumpeng Goyang Dewa Pandan

PURWOREJO - Pengelola Desa Wisata Pandanrejo (Dewa Pandan) bekerja sama dengan Pokdarwis Gunung Gajah dan Pemerintah Desa Pandanrejo, Kecamatan Keligesing, Purworejo, Jawa Tengah, menggelar lomba tumpeng goyang dan syukuran Gunung Gajah, di obyek wisata alam Gunung Gajah Desa Pandanrejo, pada Selasa (31/8/2021).

Lomba tumpeng digelar sebagai bentuk kreatifitas dan produktifitas desa wisata dalam kesiapan untuk menyiapkan kuliner khas Desa Wisata Pandanrejo sekaligus sebagai pengisi kegiatan HUT RI yang ke-76.

"Ini acara internal desa dan lomba ini diikuti oleh perwakilan dari 7 RT yang ada di Desa Pandanrejo," kata pengelola Desa Wisata Pandanrejo sekaligus team Pandan Kreator, Alebertus Desi, saat dikonfirmasi pada Selasa (31/8/2021) sore.

Lomba tumpeng, lanjutnya, dilaksanakan secara sederhana namun meriah. Sebelum dilaksanakan lomba, peserta menyanyikan lagu Indonesia Raya secara bersama-sama dipuncak Gunung Gajah dan dilanjutkan acara ceremoni pembukaan.

Dalam pelaksanaan lomba yang digelar selama 45 menit itu, peserta harus mengikuti aturan panitia yaitu merias tumpeng dan berjoget. Selain meriah situasi lomba menjadi menarik karena dilaksanakan dengan cara dihias dan berjoget menyesuaikan alunan irama musik yang disediakan panitia.

"Peraturan dari lomba ini yaitu saat musik berjalan maka peserta wajib berjoget dan berhenti merias tumpengnya, saat musik berhenti salah satu dari mereka baru bisa meriasnya dan ini berlaku secara bergantian," jelasnya.

Dirinya berharap, dengan kegiatan lomba itu warga Desa Pandanrejo bisa ikut ambil bagian dalam memajukan desa wisata Pandanrejo, desa wisata Pandanrejo yang memfokuskan pariwisata yang bertumpu pada aktifitas warga masyarakatnya.

Kepala Bidang Pengembangan Kapasitas dan Promosi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dinparbud) Kabupaten Purworejo, Dyah Woro Setyaningsih, yang hadir dan turut menjadi salah satu juri dalam lomba itu, menyampaikan apresiasi terhadap panitia atas terlaksananya lomba tumpeng goyang itu.

"Kami mewakili Dinas apresiasi dengan pelaksanaan lomba ini. Dimana warga Pandanrejo secara keseluruhan ikut berpartisipasi menjadi bagian Dewa Pandan khususnya bidang kuliner," katanya.

Woro berharap kedepannya lebih banyak lagi kuliner di Desa Wisata Pandanrejo yang bermunculan dan akan menjadi ikon kuliner baru di Dewa Pandan.

Selain mengadakan lomba tumpeng goyang, Pokdarwis Gunung Gajah juga menggelar doa bersama dan pemotongan tumpeng di pendopo Gunung Gajah. Doa bersama dilaksanakan sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan karena telah diberi keberkahan kepada Pokdarwis Gunung Gajah dan Desa Wisata Pandanrejo. Doa tersebut juga ditujukan untuk memperingati HUT RI yang ke-76.

 

Pewarta : Widiarto
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV