SUARA INDONESIA

Minimalisir Angin Kencang di Pantai Tegalkamulya Cilacap, Pertamina Tanam 3000 Pohon Cemara Laut

Agus Sulistya - 21 January 2022 | 22:01 - Dibaca 2.14k kali
Peristiwa Daerah Minimalisir Angin Kencang di Pantai Tegalkamulya Cilacap, Pertamina Tanam 3000 Pohon Cemara Laut
Penananaman pohon cemara laut di Pantai Tegalkamulyan Cilacap (foto: Galih/suaraindonesia.co.id)

CILACAP - Dalam rangka memperingati Hari Gerakan Sejuta Pohon Internasional, sebanyak 3000 bibit pohon cemara laut ditanam oleh Pertamina Refenery Unit (RU) IV bersama Bupati Cilacap di area Pantai Tegalkamulyan Cilacap, Jawa Tengah, Jumat (21/1/2022).

Pjs GM Pertamina Refenery Unit (RU) IV Cilacap, Didik Subagyo saat dikonfirmasi mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian lingkungan dan upaya untuk meminimalisarkan angin kencang di sekitar pantai dengan menanam pohon cemara laut. 

"Dalam proses penanaman pohon kali ini melibatkan sejumlah relawan, Forkopimcam setempat serta pihak terkait lainnya. Sedangkan untuk pemeliharaan, nantinya akan kami libatkan masyarakat sekitar," ungkapnya. 

Dia berharap, melalui penanaman pohon cemara laut ini nantinya berguna untuk mengurangi adanya dampak dari akibat angin kencang maupun ombak lautan di Pantai Tegalkamulyan tersebut. 

Sementara itu, Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji mengatakan, hal ini merupakan bentuk tanggung jawab dari perusahaan terhadap pengelolaan lingkungan. 

"Penanaman pohon cemara laut ini juga sebagai salah satu upaya mitigasi perubahan iklim, salah satunya abrasi pantai akibat kenaikan permukaan air laut, khususnya di area Pantai Tegalkamulyan," ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati meminta kepada seluruh elemen agar turut serta menjaga dan memelihara kelestarian lingkungan Pantai Tegalkamulyan. 

"Sehingga hasil yang diberikan dari kegiatan ini benar-benar dapat bermanfaat bagi kelestarian lingkungan, kususnya Pantai Tegalkamulyan," pungkasnya. (Satria Galih Saputra)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Agus Sulistya
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV