SUARA INDONESIA

Di Madiun, Hama Belalang Hijau Serang Hektaran Tanaman Terong

Prabasonta - 30 October 2022 | 08:10 - Dibaca 1.48k kali
Peristiwa Daerah Di Madiun, Hama Belalang Hijau Serang Hektaran Tanaman Terong
Salah satu petani terong yang berada di Dukuh Kepuh Bener, Desa Rejosari, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun, memperlihatkan tanaman terungnya yang di serang hama belalang hijau. ( Foto ; Yoni / SuaraIndonesia.co.id )

MADIUN - Hama belalang hijau serang hektaran tanaman terong di area lahan pertanian milik petani di Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

Kondisi itu dikeluhkan oleh Warsiti, salah seorang petani yang berada di Dukuh Kepuh bener, Desa Rejosari, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun.

Tanaman terong yang berada dilahan pertaniannya tersebut, daunnya banyak sekali terlihat berlubang dimakan hama belalang.

"Akibat serangan hama belalang tersebut, buah terung menjadi kerdil, sehingga harga jualnya menjadi turun drastis," paparnya menejalaskan, Minggu (29/10/2022) di lokasi pertanian.

Parahnya lagi, sambung dia, saat ini harga terong dipasaran juga anjlok dari sebelumnya, untuk 1 kilogram bisa tembus 6000 rupiah, kini hanya dihargai 2500 rupiah perkilogramnya.

Sejak adanya serangan hama, panen terong saya turun, dari biasanya dapat memanen 2 kwintal, kini hanya bisa memanen 1 kwintal saja.

"Turun 50 persen, apalagi harga terung sekarang juga anjlok, tinggal 2500 rupiah perkilogramnya, padahal sebelumnya 6000 rupiah perkilogram," ujar Warsiti.

Para petani berharap, pemerintah terkait bisa turun tangan, terkait pembasmian hama tersebut, sehingga para petani tidak terus mengalami kerugian. ( Yoni ) 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Prabasonta
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV