SUARA INDONESIA

Meninggal di Usai 96 Tahun, Ratu Elizabeth II Jadi Pemimpin Terlama dalam Sejarah Monarki Britania Raya

Tim - 09 September 2022 | 18:09
Peristiwa Internasional Meninggal di Usai 96 Tahun, Ratu Elizabeth II Jadi Pemimpin Terlama dalam Sejarah Monarki Britania Raya
JEMBER- Berita kematian Ratu Elizabeth II menjadi kabar duka yang menggemparkan dunia. Masa kepemimpinannya yang telah dimulai sejak 21 April 1926 saat ia berusia 27 tahun menjadikannya pemimpin terlama dalam sejarah Monarki Britinia Raya dengan masa jabatan 70 tahun, yang berakhir saat iya tutup usia kemarin, Kamis 8 September 2022.

"Sang Ratu meninggal dengan tenang di Balmoral sore ini," dikutip dari pernyataan istana Buckingham.

70 tahun menjalankan pemerintahan kerajaan, Ratu Elizabeth yang naik tahta pada 6 Februari 1952 usai meninggalnya sang ayah, Raja Goerge VI, menjadikan ia pemimpin terlama melebihi neneknya sendiri, yakni Ratu Victoria yang memerintah selama 63 tahun saja.

Upacara penobatan Ratu Elizabeth II itu dilangsungkan setahun setelah ia naik tahta yakni pada 1953. Dan penobatannya tersebut menjadi upacara penobatan pertama yang disiarkan di televisi. 

Selain itu, Ratu Elizabeth juga merupakan ratu monarki konstational dari 16 negara berdaulat di Inggris dan menjabat sebagai ketua 54 negara persemakmuran Britania Raya, Kanada, Australia, Selendia Badu, Afrika Selatan, Pakistan dan Sri Lanka. 

Tak hanya itu, Elizabeth yang memulai tugas pertamanya dengan menjadi Palang Merah pada Perang Dunia II tersebut juga didapuk menjadi Gubernur Agung Gereja Inggris.

Perjalanan panjang ratu yang bernama asli Elizabeth Alexandra Mary tersebut dengan 70 tahun masa pemerintahannya, ia pun dinilai sebagai 'simbol stabilitas' oleh Perdana Menteri (PM) Inggris terbaru, Liz Truss dan ia juga dianggap 'pilar kekuatan' di mata banyak orang Inggris. (Ree)

Pewarta : Tim
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV