SUARA INDONESIA

Resmikan Waduk Bendo Ponorogo, Jokowi: Pertanian Jadi Produktif

Andre Prisna - 07 September 2021 | 12:09
Peristiwa Nasional Resmikan Waduk Bendo Ponorogo, Jokowi: Pertanian Jadi Produktif

PONOROGO - Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja (kunker) sekaligus meresmikan bendungan bendo yang berada di Desa Ngindeng, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

Orang nomor satu di Indonesia tersebut secara simbolis meresmikan dengan menandatangi prasasti bendungan bendo, Selasa (7/9/2021) siang.

Presiden Jokowi menjelaskan, bendungan waduk bendo ini dibangun dengan anggaran Rp 1,1 trilyun secara multiyears. Bendungan ini memiliki kapasitas 43 juta meter kubik.

"Untuk luas genangan 170 hektar dengan tinggi bendungan 74 meter. Dapat mengairi irigasi 7.800 hektar sawah dan juga pasokan air baku 370 liter perdetik," jelasnya.

Di tahun 2021 ini sudah ada sebanyak 17 bendungan dibangun dan telah diselesaikan, termasuk waduk bendo yang juga dapat mengurangi dan mereduksi banjir sebesar 31%.

"Saat ini pengerjaan bendungan sudah selesai dan rampung, serta mulai difungsikan. Jaringan irigasi nantinya dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya," bebernya.

Artinya di bidang pertanian akan mendapat pasokan air melalui bendungan ini. Serta nantinya mampu meningkatkan produktivitas petani. (*)

Pewarta : Andre Prisna
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV