SUARA INDONESIA

Bertolak Belakang, Kadiskominfo Jember Sebut Anggaran BBM Sudah Cair

Aris Danu - 04 January 2021 | 11:01 - Dibaca 1.99k kali
Peristiwa Bertolak Belakang, Kadiskominfo Jember Sebut Anggaran BBM Sudah Cair
Sejumlah truk sampah terlihat terparkir di halaman Pemkab Jember, Senin (04/01/2021)

JEMBER - Parkirnya puluhan truk sampah yang tidak beroperasi mulai hari ini Senin (4/1/2021) karena beralasan tidak adanya BBM (Bahan Bakar Minyak), pernyataan Kepala Dinas Lingkungan Hidup ternyata bertolak belakang dengan Plt. Dinas Komunikasi dan Informasi Pemkab Jember.

Menurut Plt. Kadiskominfo Gatot Triyono mengatakan, bahwa anggaran BBM untuk truk sampah, sejatinya sudah dicairkan untuk operasional bulan November dan Desember 2020.

Bahkan jika ditotal, kata Gatot, anggaran untuk operasional truk sampah mencapai Rp. 394.126.425,00.

“Anggaran untuk operasional truk sampah sudah dicairkan, bukti SPJ nya ada, rinciannya yaitu 12 kali pencairan di bulan Desember dan 2 kali pencairan di bulan November, jika ditotal semuanya ada 394 juta lebih,” ujar Plt. Kadiskominfo Gatot Triyono.

Gatot juga mengatakan, bahkan untuk operasional minggu pertama di bulan Januari 2021 ini, pihaknya juga memastikan aman dan tidak ada masalah.

Sedangkan mengenai aksi ‘parkir’ truk sampai di Pemkab Jember, pihaknya menyerahkan semuanya kepada masyarakat untuk menilai.

“Dari data BPKAD, pada bulan Desember kemarin sudah bisa membeli persediaan BBM sehingga hari ini bisa digunakan untuk operasional BBM truk pengangkut sampah, setidaknya untuk minggu pertama di b ulan Januari masih aman,” tutur Gatot.

Seperti diberitakan sebelumnya, puluhan truk pengangkut sampah memarkir kendaraannya di depan kantor Pemkab Jember

Aksi ini, menyusul tidak adanya BBM untuk operasional. Hal yang sama juga disampaikan oleh kepala Dinas Lingkungan Hidup Arismaya Parahita.

Kepada sejumlah wartawan, Arismaya menyampaikan jika pihaknya sudah berkirim surat kepada Bupati Jember mengenai kondisi operasional truk sampah.

Pihaknya juga mempertegas, bahwa dana untuk truk sampah sempat cair walau tidak banyak dan itupun hanya cukup untuk beberapa minggu saja.

“Pada awal Desember kemarin, atas perintah Sekda, saya juga sudah berkirim surat kepada Bupati mengenai kondisi keuangan operasional truk sampah, dan memang sempat cair anggaran operasional, tapi tidak banyak, hanya untuk operasional beberapa minggu saja,” pungkas Arismaya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Aris Danu
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV