SUARA INDONESIA

Sambut 1 Abad NU, Guru dan Siswa YPM Sepanjang Sidoarjo Istighosah dan Doa Bersama

Sugiyanto - 06 February 2023 | 18:02 - Dibaca 2.48k kali
Peristiwa Sambut 1 Abad NU, Guru dan Siswa YPM Sepanjang Sidoarjo Istighosah dan Doa Bersama
Suasana istighosah dan doa bersama di komplek YPM

SIDOARJO – Menyambut puncak satu Abad Nahdlatul Ulama (NU), Yayasan Pendidikan dan Sosial Ma'arif (YPM) Sepanjang Sidoarjo menggelar istighosah dan doa bersama di komplek YPM Raya, Ngelom Taman Sidoarjo, Senin (6/2/2023).

Ketua YPM Sepanjang Gus Maki mengatakan, istighotsah itu sengaja digelar untuk mendoakan pendiri NU, 'ngalap barokah serta mendoakan resepsi 1 Abad NU dapat berjalan dengan lancar dan sukses hingga memasuki abad ke 2.

“Melalui momen ini kita berharap terbentuk kader millenial NU yang militan, yang mulai terpikirkan untuk ikut berkontribusi ke NU di abad ke 2, membiasakan untuk pikiran diisi dengan keinginan berbuat kebaikan,” kata Gus Maki.

Istighotsah dan doa bersama sendiri melibatkan seluruh keluarga besar YPM mulai dari SMP YPM 1, SMK YPM 3 dan Keluarga Besar Umaha (Universitas Maarif Hasyim Latif), sekaligus serentak dengan seluruh lembaga pendidikan YPM yang tersebar di Sidoarjo hingga Jombang.

“Yang terlibat dalam acara ini sekitar 18.060 siswa dan guru. Karena ini serentak se-YPM. Mari kita tata niat sebelum memulai tahlil, bahwa kita bahagia dan bersyukur 'Alhamdulillah' diberi kesempatan untuk bisa mencintai pendiri NU, yang sangat dicintai Allah SWT melalui tahlil yang kita laksanakan bersama hari ini,” tuturnya.

Gus Maki menyatakan, ruhnya YPM itu adalah Istighosah, tahlil, Ratibul Haddad dan Khotmil Quran. Ketiga itu adalah amalan-amalan yang tidak boleh ditinggal oleh warga YPM. Disamping itu, setiap warga YPM ketika dapat tugas dari sekolah atau yayasan harus diutamakan tanggung jawab. Jadi seluruh YPM hari ini melakukan istighosah kubro.

“Istighotsah dan doa bersama ini juga untuk mendoakan orang-orang yang dicintai Allah SWT dan Rasulullah Muhammad SAW. Sebab beliau-beliau sangat sayang pada seluruh umat manusia terutama umat Islam. Dibuktikan dengan menyediakan wadah untuk tumbuh berkembang ajaran Rasulullah Muhammad SAW dengan menjadi founding father Indonesia, negara yang penuh kedamaian. Karena diisi rakyat yang memahami ajaranRasulullah Muhammad SAW yang penuh kasih sayang pada semua makhluk. Sehingga selalu menghindari konflik. Berkat didikan beliau-beliau, para Kyai pendiri NU. Bila kita mencintai dan mendoakan orang-orang yang dicintai Allah SWT, berbahagia dan bersyukur menjadi bagian dari santri-santri beliau, maka AllahSWT pasti akan mencintai kita. Disaat Allah SWT mencintai kita, maka semua makhluk di bumi dan di langit akan menyayangi kita,” pungkasnya.

Selain mengadakan istighosah dan doa bersama, YPM Sepanjang juga menurunkan 'Pasukan Semut' dari beberapa sekolah dalam naungan YPM. Ada sekitar 6000 siswa. Mereka akan menjadi relawan untuk membantu membersihkan lingkungan di area Gor Sidoarjo, dalam hajatan 100 tahun tersebut. Selain itu juga memberi Bantuan logistik 15.000 nasi bungkus, 6.500 roti dan 28.000 air mineral.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Sugiyanto
Editor : Lukman Hadi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV