SUARA INDONESIA

Dramatis! Damkar Banyuwangi Selamatkan Kambing Nyemplung Sumur Sedalam 15 Meter

Muhammad Nurul Yaqin - 22 October 2023 | 20:10 - Dibaca 1.22k kali
Peristiwa Dramatis! Damkar Banyuwangi Selamatkan Kambing Nyemplung Sumur Sedalam 15 Meter
Proses evakuasi kambing dari dalam sumur oleh regu Damkar Banyuwangi, Minggu (22/10/2023) sore. (Foto: Tangkapan layar).

BANYUWANGI, Suaraindonesia.co.id - Sebuah insiden dramatis terjadi di Banyuwangi, ketika Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan harus bergerak cepat untuk menyelamatkan seekor kambing yang terperangkap dalam sumur sedalam 15 meter. 

Insixden kambing nyemplung sumur itu terjadi di Dusun Krajan, Desa Macanputih, Kecamatan Kabat, Minggu (22/10/2023) sore. Insiden ini menggambarkan upaya heroik yang melibatkan tim penyelamat yang sangat berpengalaman.

Kronologi kejadian dimulai ketika seorang warga yang panik memberi tahu Damkar Banyuwangi bahwa seekor kambing telah masuk ke dalam sumur yang dalam dan tidak bisa keluar. Laporan diterima sekitar pukul 15.10 WIB.

Tanpa menunggu, regu Damkar Banyuwangi yang dikenal dengan julukan "Pahlawan Penjinak Api" tersebut segera merespons panggilan darurat itu.

"Saat itu juga kami bergegas ke lokasi untuk membantu melakukan evakuasi," kata Humas Dinas Damkar dan Penyelamatan Banyuwangi, Kadhafi.

Menurutnya, proses evakuasi seekor kambing tersebut membutuhkan waktu ekstra serta tantangan yang cukup sulit. Dikarenakan kondisi sumur yang sangat dalam, serta alat yang digunakan masih seadanya. Seperti tali, body harness dan sarung tangan.

"Apalagi sumur tersebut diduga mengandung gas beracun. Tantangan inilah yang menjadi kendala bagi kami," ucap Kadhafi.

Bahkan salah satu warga yang peduli sempat mencoba turun ke dalam sumur untuk menyelamatkan kambing yang terperangkap. Sayangnya, saat berada di dalam sumur, ia kurangnya oksigen, dan hampir membuatnya pingsan.

"Sebelum kami datang ada salah satu warga yang mencoba membantu tapi tidak mampu, karena kekurangan oksigen di bawah. Beruntung warga tersebut langsung naik ke atas," cetusnya.

Meski banyak kendala, petugas terus mencoba. Setelah berjam-jam bekerja keras, tim Damkar Banyuwangi berhasil mengangkat kambing dari sumur yang dalam. 

"Proses evakuasi membutuhkan waktu sekitar satu jam lebih. Kondisi kambing juga dalam keadaan selamat dan langsung kami serahkan ke pemilik," kata dia.

Kadhafi menambahkan, kambing yang nyemplung sumur ini milik Pipit, warga setempat. Ternak hingga terjun ke dalam sumur dikarenakan pemilik kambing memberi makan di dekat sumur tersebut.

"Saat itu kambing ini loncat-loncat saat diberi makan di sekitar sumur, hingga akhir berakhir masuk ke dalam sumur tersebut," tandasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Danu Sukendro

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV