SUARA INDONESIA

Jelang Idul Fitri Pemkab Sidoarjo Periksa Mamin di Sejumlah Swalayan, Fenny : Produk UMKM Sedikit Dijual

Amrizal Zulkarnain - 27 March 2024 | 15:03 - Dibaca 335 kali
Peristiwa Jelang Idul Fitri Pemkab Sidoarjo Periksa Mamin di Sejumlah Swalayan, Fenny : Produk UMKM Sedikit Dijual
Fenny Apridawati, Sekda Sidoarjo saat melakukan pengecekan makanan minuman di sejumlah Swalayan. (Istimewa)

SUARA INDONESIA, SIDOARJO – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah tahun 2024, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo, Jawa Timur, melakukan inspeksi mendadak (Sidak) makanan dan minuman. Rabu (27/3/2024).

Sidak yang dilakukan pada Selasa (26/3) kemarin pagi, di sejumlah swalayan Sidoarjo tersebut dalam rangka mencegah produk makanan dan minuman aman dari kadaluarsa.

Fenny Apridawati, Sekretaris Daerah (Sekda) Sidoarjo, menyampaikan bahwa kegiatan sidak makanan dan minuman yang dilakukan merupakan agenda tahunan menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Pasalnya, mamin ini adalah merupakan konsumsi masyarakat yang paling dibutuhkan menjelang Idul Fitri. Karena juga dilakukan sebagai oleh-oleh lebaran mudik atau pulang kampung.

"Hingga kini belum ditemukan makanan maupun minuman yang kadaluarsa saat kegiatan. Namun, telah ditemukan beberapa kemasan yang rusak juga produk frozen yang tidak ditempel masa kadaluarsa," ungkap Fenny.

Fenny, juga menyatakan bahwa kegiatan sidak kali ini hanya dilakukan pada swalayan besar yang ada ditengah-tengah kota Sidoarjo.

"Fokus kami yakni di swalayan tengah kota, seperti Ramayana, Lippo Plaza yang banyak dikunjungi masyarakat," terang Sekda yang baru dilantik tersebut.

Kendati demikian, Fenny, menyayangkan masih tampak sedikit produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang terdapat di sejumlah swalayan Sidoarjo.

"Kami masih belum melihat banyak produk UMKM di swalayan saat ini. Ini menjadi PR bagi Pemkab Sidoarjo," tandasnya.

Oleh karena itu, ketika sidak Fenny juga menyampaikan kepada pihak management swalayan menjalin komitmen kerjasama dengan produk UMKM Sidoarjo.

"Kami utarakan juga tadi ke pihak management swalayan Ramayana dan Hypermart terkait menjalin komitmen kerjasama UMKM," pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Amrizal Zulkarnain
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV