SUARA INDONESIA

Masjid Wakaf Hibaturrahman di Balongbendo Sidoarjo Terbakar, Hingga Kini Belum Diketahui Penyebabnya

Amrizal Zulkarnain - 31 March 2024 | 11:03 - Dibaca 544 kali
Peristiwa Masjid Wakaf Hibaturrahman di Balongbendo Sidoarjo Terbakar, Hingga Kini Belum Diketahui Penyebabnya
Tampak kobaran api yang yang membumbung tinggi di Masjid Wakaf Hibaturrahman Desa Suwaluh, Balongbendo, Sidoarjo. (Istimewa)

SUARA INDONESIA, SIDOARJO - Masjid Wakaf Hibaturrahman yang terletak di Desa Suwaluh, Kecamatan Balongbendo, Sidoarjo, Jawa Timur, dilanda kebakaran, pada Sabtu malam 30 Maret 2024.

Belum diketahui penyebab pasti kebakaran yang menyebabkan gedung tersebut hancur dan mengakibatkan kerugian besar. Minggu (31/3/2024).

Dari informasi yang dihimpun, penyebab kebakaran gedung yang pernah diduga dijadikan tempat pembaiatan oleh kelompok ISIS, kemudian diketahui pernah mendapatkan protes keras oleh warga desa setempat.

Saat kejadian, api dengan cepat meluas, menghancurkan bagian dalam gedung dan merusak struktur atap hingga runtuh. 

Warga setempat yakni Ketua RT 01 RW 01, Sugeng, pertama kali melihat kobaran api tersebut segera melaporkannya kepada pihak berwenang.

"Saat itu api membakar dengan cepat sekali hingga kobarannya membumbung tinggi," ujar Sugeng.

Meskipun upaya pemadaman dilakukan dengan cepat oleh petugas pemadam kebakaran dari Pos Krian, kondisi gelap dan keterbatasan listrik membuat proses pemadaman menjadi lebih sulit.

Beruntungnya, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini karena masjid dalam keadaan kosong setelah digunakan untuk salat tarawih.

"Masjid biasanya di tiduri oleh Pak Akhwan, namun usai sholat tarawih ia pulang," terangnya.

Sementara, Danton Damkar Pos Krian Widy Agus menyampaikan bahwa pihaknya telah mengirimkan dua mobil Damkar serta satu mobil Rescue ke lokasi usai menerima laporan dari masyarakat.

"Kami bergerak dengan cepat dan tetap penuh kehati-hatian mengingat atap kayu yang terbakar akan runtuh," ungkap Widy, saat dihubungi melalui seluler.

Masih kata Widy, petugas sempat mengalami kesulitan karena lokasi dalam keadaan gelap karena sambungan listrik telah diputus.

Sehingga sebagai solusi penerangan, sorot lampu mobil Rescue diarahkan ke titik api untuk memudahkan melakukan pemadaman.

Terpisah, Kapolsek Balongbendo, Kompol Hasyim As'ari, menjelaskan bahwa kebakaran telah menimpa Masjid Islamic Center Suwaluh. Kemudian mendapat laporan warga, pihaknya langsung meneruskan ke PMK Pos Krian.

"Api berhasil dipadamkan, dan tidak korban jiwa karena masjid dalam keadaan kosong usai digunakan sholat tarawih," ucap Hasyim.

Saat ini pihak kepolisian sedang melakukan penyelidikan menyeluruh untuk mengetahui penyebab pasti kebakaran ini. 

"Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan," pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Amrizal Zulkarnain
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV