SUARA INDONESIA

Diguyur Hujan Semalaman, SDN di Desa Hutabalang Terendam Banjir 

Lamhot Naibaho - 04 May 2024 | 16:05 - Dibaca 522 kali
Peristiwa Diguyur Hujan Semalaman, SDN di Desa Hutabalang Terendam Banjir 
Halaman SDN 158466 Hutabalang, Tapanuli Tengah yang tergenang air. (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, TAPTENG- Akibat diguyur hujan semalaman, SDN di Lingkungan 6 Kelurahan Hutabalang, Kecamatan Badiri, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Riau, terendam banjir, Sabtu (4/5/2024).

Imbasnya, sebanyak 209 siswa yang terbagi dalam tujuh rombongan belajar, terpaksa diliburkan.

Musim hujan akhir-akhir ini, memang sering mengakibatkan ruang kelas di SD tersebut terendam air. Setidaknya, ada empat ruang kelas yang sering kebanjiran. Otomatis, proses belajar mengajar terkendala akibat air yang menggenangi ruang kelas.

Kepala Sekolah SDN 158466 Hutabalang 6, Ninon Adriati mengatakan, kondisi sekolah saat ini cukup memprihatinkan. Ia berharap, agar ada perbaikan maupun antisipasi banjir. Misalnya dengan menaikkan fondasi sekolah maupun membuat tanggul penghalang banjir.

Menurutnya, empat ruang kelas itu rawan terdampak banjir karena posisi berada di ketinggian minus 30 sentimeter dari badan jalan. Begitu juga dengan kondisi parit, posisinya lebih tinggi dari halaman sekolah.

"Parit saluran itu sudah di atas halaman sekolah, termasuk di atas lantai ruangan kelas kami ini," ujarnya, kepada wartawan.

Sejumlah guru di sekolah juga berharap, agar pemerintah segera memberikan solusi agar proses belajar mengajar bisa lancar.

"Kasihan kami, kalau hujan sedikit saja parit di depan sudah meluap dan otomatis akan masuk ke halaman sekolah, bahkan ke ruang kelas. Makanya, anak-anak sering libur karena tak bisa melewati banjir dari depan itu," ucap salah seorang guru. (*)


» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lamhot Naibaho
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV