SUARA INDONESIA

Yakinkan Pilkada Trenggalek Bebas Covid-19, KPU Bakal Tes Rapid Petugas dan Linmas TPS

- 19 November 2020 | 13:11 - Dibaca 1.68k kali
Politik Yakinkan Pilkada Trenggalek Bebas Covid-19, KPU Bakal Tes Rapid Petugas dan Linmas TPS
Ketua KPU Trenggalek

TRENGGALEK - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur akan melakukan tes cepat (rapid test) terhadap petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara atau KPPS.

Hal itu dikarenakan untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19 saat pemungutan suara pada 9 Desember 2020. Selain KPPS petugas ketertiban TPS juga akan menjalani rapid tes. 

Gembong Derita Hadi selaku Ketua KPU Trenggalek mengatakan, tes cepat COVID-19 terhadap petugas KPPS ini bertujuan untuk meyakinkan masyarakat agar tidak mengkhawatirkan penyebaran virus Corona saat hari pencoblosan.

Sebelumnya, KPU Trenggalek telah merekrut 16.500 petugas KPPS dan ketertiban TPS untuk pelaksanaan Pilbup Trenggalek.

"Jadi, menjelang hari pencoblosan nanti, seluruh petugas KPPS dan ketertiban TPS akan menjalani tes rapid COVID-19," ungkap Gembong, Rabu (18/11/2020).

Lanjut Gembong, jika pada pelaksanaan rapid tes nanti ditemukan petugas KPPS dan ketertiban TPS yang reaktif, KPU akan menyerahkan proses selanjutnya kepada Satgas Gugus Tugas.

Menurutnya dalam pelaksanaan nanti KPU Trenggalek telah bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan Puskesmas untuk melakukan rapidtes.

"Anggaran rapid tes yang tersedia ada Rp 150 ribu per orang," ucapnya.

Masih menurut Gembong, sedangkan jumlah KPPS sendiri ada 9 di setiap TPS dan 2 Ketertiban Kamtibmas di TPS. Jika di total ada 9 orang di kali 1.550 TPS .

Jadi untuk total anggaran rapid tes sebesar Rp 2 milyar 92 juta 500 ribu, anggaran tersebut telah disiapkan oleh KPU RI dan diambil dari APBN.

"Pelaksanaan sendiri dijadwalkan pada tanggal 26 bulan ini," jelasnya.

Ditambahkan Gembong, jumlah tersebut belum termasuk rapid tes dan Swab Tes untuk PPK dan PPS serta KPU.

Karena untuk PPK dan PPS rencana juga akan melakukan Rapidtes dan untuk Komisioner KPU ada Swab Tes.

"Pelaksanaan akan dilakukan di puskesmas masing-masing kecamatan. Kepastian rapidtes tidak menggugurkan, nanti ketika ada yang reaktif di serahkan Gugus Tugas," pungkasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta :
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV