SUARA INDONESIA

KPU Surabaya Sebut Parpol Masih Sibuk Urusan Nomor Urut Bacaleg

Lukman Hadi - 10 May 2023 | 14:05 - Dibaca 631 kali
Politik KPU Surabaya Sebut Parpol Masih Sibuk Urusan Nomor Urut Bacaleg
Komisioner KPU Surabaya Divisi Teknis Penyelenggaraan, Soeprayitno. (Foto: suaraindonesia.co.id/Lukman Hadi)

SURABAYA - Komisioner KPU Surabaya Divisi Teknis Penyelenggaraan, Soeprayitno menyampaikan, pendaftaran Bakal Calon Legislatif (bacaleg) masih sepi.

Namun, Soeprayitno mengatakan, sudah terjalin komunikasi antara KPU dengan semua partai politik (parpol) Pemilu 2024.

"Yang disampaikan petugas penghubung lintas parpol, bahwa ada bacaleg yang masih menyelesaikan syarat-syarat pencalegan, seperti Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)," kata Soeprayitno saat diwawancarai media, Selasa (9/5/2023) kemarin.

Ia menyebutkan, kemungkinan lain parpol belum mendaftarkan bacaleg karena adanya informasi terkait bongkar pasang nomor urut. "Ya, kalau masalah ini menjadi tanah mereka (parpol, red)," terangnya.

Pria akrab disapa Nano ini juga menyampaikan, bacaleg juga masih menyelesaikan legalisir ijazah sebagai salah satu persyaratan.

Di satu sisi, mereka harus menunggu tanda tangan surat persetujuan dari pengurus partai pusat yang mengusulkan nama-nama bacaleg.

Kemudian, ia tak khawatir apabila semua parpol melakukan pendaftaran bacaleg di hari yang sama. 

"Sudah kita antisipasi agar tidak terjadi penumpukan pada hari dan jam yang sama. Kita juga sudah siapkan ruang transit lebih dulu sebelum naik ke lantai III (tiga) sebagai tempat pengajuan bacaleg," jelasnya.

Diketahui, KPU membuka pendaftaran bacaleg mulai 1 sampai 14 Mei 2023. Pendaftaran 1 hingga 13 Mei dibuka mulai 08.00-16.00 WIB. Sedangkan 14 Mei dibuka mulai 08.00-23.59 WIB.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lukman Hadi
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV