SUARA INDONESIA

Rekapitulasi Suara Tingkat Kecamatan Rampung, KPU Banyuwangi Jadwalkan Pleno Pekan Depan

Muhammad Nurul Yaqin - 24 February 2024 | 19:02 - Dibaca 1.24k kali
Politik Rekapitulasi Suara Tingkat Kecamatan Rampung, KPU Banyuwangi Jadwalkan Pleno Pekan Depan
Suasana saat rekapitulasi suara Pemilu 2024 di salah satu kecamatan di Banyuwangi. (Foto: Dok. suaraindonesia.co.id).

SUARA INDONESIA, BANYUWANGI - Berlangsung sejak 18 Februari lalu, rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2024 tingkat kecamatan di Banyuwangi, Jawa Timur, akhirnya rampung.

Komisioner KPU Banyuwangi, Ari Mustofa menyebut, saat ini tinggal Kecamatan Banyuwangi yang sedang menyelesaikan proses administrasi pascarekapitulasi.

“Untuk 25 kecamatan se-Banyuwangi sudah selesai semua. Tinggal Kecamatan Banyuwangi yang berproses penyelesaian administrasinya setelah rekap, mungkin sekarang sudah selesai,” ujar Ari, Sabtu (24/2/2024).

Komisioner Divisi Teknis dan Penyelenggara KPU Banyuwangi ini berucap, saat rekapitulasi di tingkat kecamatan, petugas tidak menemui kendala berarti.

Hanya saja ada beberapa TPS yang mengalami kesalahan jumlah saat penghitungan yang dilakukan oleh petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

“Mungkin teman-teman KPPS saat menjumlahkan kecapean, ada satu dua TPS salah jumlah. Tapi semua diatasi dengan baik,” beber Ari.

Menurutnya, tidak semua kecamatan memulai pleno rekapitulasi di tanggal 18 Februari, ada beberapa kecamatan yang justru start di tanggal 19-20 Februari.

“Makanya selesainya tidak barengan, ditambah rekapitulasi di setiap kecamatan memiliki kendala yang berbeda-beda,” imbuh dia.

Beranjak dari situ, KPU Banyuwangi pun merencanakan pleno rekapitulasi suara Pemilu 2024 di tingkat kabupaten bisa digelar pekan depan, namun untuk tempatnya masih dirapatkan.

“Pleno kabupaten kami rencanakan tanggal 28 Februari. Untuk tempat menyusul, saat ini sedang dirapatkan,” jelas Ari.

Saat ini, sejumlah logistik Pemilu 2024 hasil rekapitulasi dari masing-masing kecamatan mulai kembali masuk ke Gudang KPU Banyuwangi yang ada di Desa/Kecamatan Kabat.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV