SUARA INDONESIA

Perolehan Kursi Sementara Pemilu 2024 di DPRD Situbondo, PKB Mendominasi Disusul PPP

Syamsuri - 25 February 2024 | 17:02 - Dibaca 4.27k kali
Politik Perolehan Kursi Sementara Pemilu 2024 di DPRD Situbondo, PKB Mendominasi Disusul PPP
Gedung DPRD Situbondo. (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, SITUBONDO - Rekapitulasi perhitungan perolehan suara tingkat kecamatan di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, selesai dilaksanakan hari ini. Dari jumlah perolehan sementara, PKB masih mendominasi perolehan kursi di DPRD setempat.

Dari jumlah 45 kursi yang diperebutkan, PKB meraih 13 kursi dengan total suara mencapai 118 ribu. Artinya, ada kenaikan suara sebanyak 22 ribu, kalau dibandingkan dengan hasil perolehan suara pada Pemilu 2019 lalu yang hanya mendapatkan 96 ribu.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris PKB, Mahbub Junaidi, saat dikonfirmasi di Kantor PKB Jl. Gunung Arjuno Situbondo.

Menurutnya, kalau melihat hasil perolehan kursi sementara di Pemilu 2024 ini, jumlah perolehan kursi PKB Situbondo masih tetap sama seperti hasil perolehan Pemilu 2019 yaitu 13 kursi. Namun jumlah suaranya naik signifikan, yakni 118 ribu suara.

"Jadi perolehan total suara caleg dari PKB Situbondo sebanyak 118 ribu suara, artinya ada kenaikan suara sebanyak 22 ribu. Namun jumlah kursinya masih tetap sama seperti hasil Pemilu 2019," ujarnya, baru-baru ini.

Kata Mahbub, untuk perolehan kursi sementara, peringkat kedua diraih oleh PPP yaitu 9 kursi. Jatah kursi ketiga diraih Partai Gerindra dengan 6 kursi. Sedangkan ranking keempat diraih Partai Golkar dan PDIP yang sama-sama mendapatkan jatah 5 kursi.

"Sedangkan untuk jatah kursi selanjutnya diraih oleh Partai Demokrat yaitu 3 kursi, Nasdem 2 kursi, Hanura 1 kursi dan PKS 1 kursi,” pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Syamsuri
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV