SUARA INDONESIA

Menang Pilpres, Gerindra Cilacap Buka Peluang Koalisi Hadapi Pilkada 2024

Satria Galih Saputra - 27 March 2024 | 23:03 - Dibaca 790 kali
Politik Menang Pilpres, Gerindra Cilacap Buka Peluang Koalisi Hadapi Pilkada 2024
Gerindra Cilacap saat melakukan koalisi bersama Partai Amanat Nasional (PAN) di Aston Iin Hotel. (Foto: istimewa).

SUARA INDONESIA, CILACAP - Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan digelar serentak pada 27 November 2024 mendatang, Partai Gerindra Cilacap mulai membuka peluang koalisi dengan banyak partai. Hal itu dilakukan setelah Gerindra dinyatakan menang dalam Pilpres yang digelar 14 Februari lalu.

Koalisi pertama dilakukan Gerindra bersama Partai Amanat Nasional (PAN) yang diketuai Muhammad Hanafi. Dalam kesempatan itu, kedua partai tersebut sepakat menjalin kerja sama untuk menghadapi Pilkada di Cilacap yang dibalut dalam sebuah acara silahturahmi yang digelar di Aston Iin Hotel pada Rabu (27/3/2024) sore. 

Koalisi ditandai dengan penandatangan bersama oleh kedua partai yang dilakukan oleh Ketua dan Sekretaris, disaksikan pengurus, para anggota Fraksi dan sejumlah kader masing-masing partai.

"Beberapa waktu yang lalu kami sudah intens berkomunikasi dalam rangka menyiapkan perhelatan Pilkada di Kabupaten Cilacap, dan hari ini kami bersilahturahmi dengan DPD PAN," ungkap Ketua DPC Partai Gerindra Cilacap Suyatno.

"Sementara kami baru modal dulu sesuai undang-undang 10 kursi, dan awal Gerindra - PAN cukup mengusung untuk calon bupati dan wakil bupati Cilacap," tandasnya.

Lebih lanjut, Suyatno mengatakan, pihaknya membuka peluang bagi partai lain yang ingin bergabung bersama Partai Gerindra. "Kami membuka diri dan akan menjalin komunikasi dengan teman-teman dari partai yang lain untuk berkoalisi," ujarnya.

Suyatno menegaskan, partainya sendiri telah menyiapkan kader terbaik yang akan diusung untuk menjadi calon bupati. "Ada, dan kami sudah menyiapkan beberapa calon dan siap untuk bertarung, dari PAN juga sudah ada," tuturnya. 

Kendati demikian, pihaknya akan menunggu dan membuka peluang pendaftaran bagi warga masyarakat maupun tokoh masyarakat yang ingin ikut di dalam kompetisi calon bupati Cilacap.

"Semua akan kami beri kesempatan baik itu dari internal partai maupun eksternal. Untuk sementara kita tidak pakai kriteria, tapi nanti dalam mekanismenya tentu saja harus ada kriteria-kriteria," beber Suyatno. 

"Jadi nanti di dalam pendalaman bisa terlihat mana yang memenuhi syarat atau tidak," sambungnya.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Cilacap, Muhammad Hanafi mengaku partai yang dipimpinnya ini siap bekerja sama dalam menghadapi Pilkada 2024 mendatang.

"Yang jelas kita fokus pada kendaran dulu karena kita tidak mungkin menjaring calon kalau kendaraannya belum ada. Minimal kendaraan sudah, tinggal kita konsolidasi ke masyarakat, kemudian menjaring calon yang memiliki kriteria untuk bisa menjadikan Cilacap lebih maju," jelas Hanafi. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Satria Galih Saputra
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV