SUARA INDONESIA

Lantik 75 Anggota Panwascam, Bawaslu Banyuwangi Minta Fokus Cegah Pelanggaran Pilkada

Muhammad Nurul Yaqin - 25 May 2024 | 18:05 - Dibaca 850 kali
Politik Lantik 75 Anggota Panwascam, Bawaslu Banyuwangi Minta Fokus Cegah Pelanggaran Pilkada
Bawaslu Banyuwangi melantik 75 anggota Panwascam untuk Pilkada 2024. (Foto: Muhammad Nurul Yaqin/suaraindonesia.co.id).

SUARA INDONESIA, BANYUWANGI - Sebanyak 75 anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 secara resmi dilantik oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Banyuwangi. 

Pelantikan puluhan anggota Panwascam Banyuwangi ini berlangsung di Hotel Ketapang Indah, Sabtu (25/5/2024).

Komisioner Bawaslu Banyuwangi Joyo Adi Kusumo menegaskan pentingnya peran Panwascam dalam mengawal proses demokrasi agar berjalan dengan jujur, adil, dan transparan. 

Joyo mengingatkan para Panwascam yang dilantik untuk bekerja dengan integritas dan profesionalisme tinggi, mengingat tugas berat yang akan mereka emban dalam mengawasi seluruh tahapan Pilkada di tingkat kecamatan.

Panwascam yang telah bertugas seusai dilantik ini diminta Bawaslu agar fokus melakukan pengawasan dan pencegahan pelanggaran di setiap tahapan Pilkada 2024 mendatang.

"Panwascam memiliki tanggung jawab besar untuk memastikan bahwa setiap tahapan Pilkada berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, serta mencegah dan menindak pelanggaran yang mungkin terjadi," ujar Komisioner Divisi Organisasi dan SDM ini.

Joyo menyebut, para anggota Panwascam yang dilantik telah melalui proses seleksi ketat yang melibatkan berbagai tes dan wawancara. 

Mereka diharapkan dapat segera berkoordinasi dengan para pemangku kepentingan di kecamatan masing-masing untuk mempersiapkan pengawasan yang optimal terhadap pelaksanaan Pilkada.

Selain itu para Panwascam juga diminta membantu menjaga kondusifitas wilayah selama proses Pilkada. Joyo turut berpesan agar semua pihak dapat bekerjasama untuk mewujudkan Pilkada yang damai dan demokratis.

“Pascapelantikan Panwascam ini kami harap pengawasan terhadap pelaksanaan Pilkada di tingkat kecamatan dapat berjalan lebih efektif dan efisien, demi terciptanya pemilu yang bersih dan berkualitas,” tandas Joyo. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV