SUARA INDONESIA

Kucing Khas Pulau Raas Resmi Jadi Maskot Pilkada Sumenep 2024

Wildan Mukhlishah Sy - 07 June 2024 | 14:06 - Dibaca 825 kali
Politik Kucing Khas Pulau Raas Resmi Jadi Maskot Pilkada Sumenep 2024
Maskot Pilkada Sumenep 2024 (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, SUMENEP - Kucing khas pulau Raas resmi ditetapkan menjadi Maskot Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumenep 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

Komisioner KPU Sumenep Rafiqi menyebut, langkah tersebut diambil sebagai salah satu upaya untuk mengingatkan kembali masyarakat, bahwa Sumenep memiliki kucing ras asli Indonesia yang hanya ada di Pulau Raas.

"Melalui pilkada, kami ingin menyegarkan kembali ingatan publik tentang kucing busok," ujarnya, Kamis (06/06/2024).

Rafiqi menjelaskan, pihaknya telah menetapkan tim untuk merumuskan perkara maskot tersebut, yang telah bekerja sejak Mei 2024.

Selama itu, tim tersebut telah menyiapkan dua opsi maskot Pilkada 2024, beserta alasannya untuk ditawarkan ke KPU Sumenep.

Setelah diajukan, lanjutnya, kucing Busok resmi terpilih sebagai maskot pilkada, dengan tambahan modifikasi memegang paku dan surat suara.

Secara detail Rafiki menjelaskan maksud dari paku tersebut diperuntukkan sebagai alat untuk mencoblos surat suara. Lalu pada elemen surat suara terdapat tulisan hari "H" pilkada, yakni Rabu, 27 November 2024.

"Maskot tersebut diberi nama Si Busok yang berarti 'Siap Bebas, Umum, Serentak, Orientasi Kesejahteraan'. Maskot itu juga untuk mengingatkan substansi pilkada guna menghasilkan pemimpin yang berorientasi pada kesejahteraan rakyat," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Tim Pembuat Maskot dan "Tagline" Pilkada 2024 KPU Sumenep Ibnu Hajar mangaku pihaknya memang menawarkan dua hewan atau binatang yang asli dan hanya berada di ujung timur Pulau Madura tersebut.

Tak hanya itu, pihaknya juga memberikan opsi terkait penamaan maskot tersebut.

"KPU Sumenep memutuskan memilih kucing busok sebagai maskot pilkada. Penamaan maskot pun ada opsinya dan yang dipilih adalah Si Busok," tutupnya.(*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV