SUARA INDONESIA

Bawaslu Sumenep Ungkap Peran Krusial Media Massa dalam Menentukan Pemimpin Berkualitas

Wildan Mukhlishah Sy - 18 August 2024 | 13:08 - Dibaca 976 kali
Politik Bawaslu Sumenep Ungkap Peran Krusial Media Massa dalam Menentukan Pemimpin Berkualitas
Ketua Bawaslu Sumenep Achmad Zubaidi, saat memberikan sambutan. (Foto: Wildan/Suaraindonesia.co.id)

SUARA INDONESIA, SUMENEP- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sumenep, mengungkapkan pentingnya peran media massa dalam menentukan terpilihnya pemimpin yang berkualitas.

Ketua Bawaslu Sumenep Ahmad Zubaidi mengatakan, sebagai penyelenggara Pemilu/Pilkada tentu pihaknya tak mampu untuk berjalan sendiri dalam melaksanakan setiap tugas yang diberikan.

Maka tak heran, jika secara khusus media juga telah dijadikan sebagai bagian pengawasan partisipatif dalam setiap tahapan pesta demokrasi.

"Sebagai penyelenggara, tentu kami tidak bisa berjalan sendiri. Kami membutuhkan media untuk menyukseskan dan melaksanakan tugas-tugas kami," katanya, dalam acara Sosialisasi Pengawasan Partisipatif bersama sejumlah insan media, Minggu (18/08/2024).

Dirinya menyebut, setidaknya terdapat dua peran krusial media dalam menyukseskan Pemilu/Pilkada 2024, yakni secara teknis dan strategis.

Menurutnya, secara teknis, media massa memiliki peran untuk membantu Bawaslu dan KPU dalam menyampaikan atau mensosialisasikan seluruh tahapan Pemilu/Pilkada kepada masyarakat luas.

Sementara secara strategis, media juga mengemban peran penting dalam memberikan pendidikan politik baik di tahapan Pemilu/Pilkada mendatang.

Lebih jauh, dirinya menyadari bahwa setiap lapisan masyarakat, memiliki andil yang sama dalam menentukan kemajuan demokrasi dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Maka dari itu, pihaknya berharap sinergitas antara Bawaslu Sumenep dan insan media dapat terjalin dengan baik. Sehingga tercipta Pilkada yang berintegritas dan berkualitas.

"Mari bersama-sama menyukseskan tujuan Pilkada, agar tercipta pemilihan yang berintegritas dan berkualitas. Karena dengan begitu, juga akan tercipta pemimpin seperti yang kita harapkan," tutupnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV