SUARA INDONESIA

Tahapan Perbaikan Berkas Pencalonan Rampung, Dokter Aminuddin-Ina Buchori Paslon Pertama Dinyatakan Lengkap

Lutfi Hidayat - 09 September 2024 | 20:09 - Dibaca 1.20k kali
Politik Tahapan Perbaikan Berkas Pencalonan Rampung, Dokter Aminuddin-Ina Buchori Paslon Pertama Dinyatakan Lengkap
Ketua KPU, Divisi Teknis Penyelenggara dan Bawaslu Kota Probolinggo menerima pengembalian berkas pertama dari tim Paslon Dokter Aminuddin-Ina Buchori. (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, PROBOLINGGO - Tahapan Pilwali Kota Probolinggo telah menuntaskan masa perbaikan berkas persyaratan pencalonan oleh masing-masing parpol pengusung dan pendukung kandidat bakal calon pada Minggu malam (8/9/2024).

KPU Kota Probolinggo mengkonfirmasi bahwa 4 tim bakal paslon telah melengkapi perbaikan berkas dan mengembalikannya ke KPU.
Tim bakal paslon yang menyerahkan berkas perbaikan pertama kali ke KPU, adalah Paslon Dokter Aminuddin-Ina Buchori.

Di urutan kedua, penyerahan berkas perbaikan dilakukan oleh tim LO paslon Setyo Pertiwi dan Muhammad Rahcman. Kemudian disusul oleh tim paslon Fernanda Zulkarnain dan Abdullah Zabut. Dan yang terakhir menyerahkan adalah tim dari paslon Habib Hadi Zainal Abidin-Zainal Arifin.

Sebagai paslon pertama kali yang menyerahkan berkas perbaikan pencalonan, Dokter Aminuddin selaku calon Walikota Probolinggo, mengatakan dirinya bersama calon Wakil Walikota Ina Buchori terus melakukan perubahan di Kota Probolinggo.

Salah satu upaya perubahan Kota Probolinggo itu, dikatakannya dengan serius mengemban amanah dan segera melengkapi perbaikan berkas sesuai tahapan Pilwali Kota Probolinggo, yang telah ditentukan oleh KPU.

"Alhamdulillah, kemarin tanggal 8 kita pasangan Dokter Aminuddin-Ina Buchori sudah menerima surat dari KPU, tanda lengkapnya persyaratan kita berdua untuk maju Pilwali Kota Probolinggo tanggal 27 November nanti. Dan ini sangat membahagiakan karena kita pasangan pertama yang sudah lengkap," ungkapnya, Senin malam (9/9/2024).

Usai merampungkan perbaikan berkas pendaftaran pencalonan, paslon Dokter Aminuddin-Ina Buchori bakal fokus pada masa kampanye yang terjadwal selakukan mulai tanggal 25 September hingga 23 November 2024.

"Siap-siap ya, akan kampanye nanti secara resmi, itu ada 75 hari. Mohon dukungan masyarakat Kota Probolinggo kepada kami berdua, pasangan Dokter Aminuddin dan Mbak Ina Buchori," pungkasnya.

Divisi Teknis Penyelenggara KPU Kota Probolinggo Ilmiyah mengatakan, tahapan pendaftaran utamanya pada masa perbaikan berkas calon dan pencalonan telah dirampungkan oleh masing-masing tim paslon sekitar pukul 22.00 WIB pada Minggu malam kemarin.

KPU Kota Probolinggo, dikatakan Ilmiyah sehari sebelum masa akhir perbaikan berkas pencalonan terus melakukan koordinasi dengan masing-masing tim paslon dan sejumlah pihak terkait seperti kantor Pajak, LHKPN dan Pengadilan Negeri.

"Sehari sebelum masa akhir perbaikan berkas pencalonan, kami terus berkoordinasi dengan masing-masing LO dari empat pasangan calon, untuk segera melengkapi beberapa berkas yang masih belum dituntaskan," terangnya.

Menurut Ilmiyah, berkas LHKPN, bukti bebas pajak dan keterangan tidak pailit dari pengadilan negeri yang cukup menguras waktu para tim paslon Pilwali Kota Probolinggo.

"Kami juga sudah berkoordinasi dengan sejumlah pihak. Yang cukup lama itu memang di LHKPN, pajak dan keterangan pailit. Tapi Alhamdulillah tidak sampai pada waktu akhir yang ditentukan, semuanya bisa dirampungkan," tandasnya.

Tahapan Pilwali Kota Probolinggo berikutnya adalah penelitian dan verifikasi berkas yang telah diserahkan oleh paslon ke KPU, dilanjutkan dengan tanggapan masyarakat yang akan dilakukan pada 14 September mendatang. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lutfi Hidayat
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV