SUARA INDONESIA

ASN Kemenag Sidoarjo Diperiksa Bawaslu terkait Dugaan Kampanye di Acara Diba' Kubro

Amrizal Zulkarnain - 27 September 2024 | 20:09 - Dibaca 119 kali
Politik ASN Kemenag Sidoarjo Diperiksa Bawaslu terkait Dugaan Kampanye di Acara Diba' Kubro
Abdul Rochman, Ketua MWC NU Kecamatan Balongbendo, Sidoarjo, saat ditemui usai pemeriksaan di Gakkumdu Bawaslu Sidoarjo. (Foto: Amrizal/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, SIDOARJO - Abdul Rochman, seorang ASN Kementerian Agama Kabupaten Sidoarjo, diduga melakukan kampanye terselubung untuk calon Bupati Sidoarjo, Achmad Amir Aslichin atau Lin, Jumat (27/9/2024).

Dugaan ini mencuat setelah video sambutannya viral di media sosial dalam acara Diba' Kubro yang diadakan oleh Fatayat NU Kecamatan Balongbendo, Sidoarjo, Jawa Timur.

Setelah diperiksa di kantor Gakkumdu Bawaslu Sidoarjo, Abdul Rochman menegaskan bahwa ia tidak bermaksud mengarahkan dukungan, melainkan hanya menyampaikan sambutan selamat datang.

Ia mengaku mengucapkan selamat datang kepada Mas Amir yang hadir di acara tersebut, dan menyinggung arti kata "Amir" dalam bahasa Arab, yang berarti pangeran, sesuai dengan status Mas Amir sebagai putra dari mantan Bupati Sidoarjo, Saiful Illah.

Sebagai Ketua MWC NU Kecamatan Balongbendo, Abdul Rochman menekankan pentingnya netralitas dan menegaskan bahwa ia tidak memihak kepada calon mana pun, sesuai arahan PCNU.

Dalam pemeriksaannya, ia menerima sekitar 20 pertanyaan dari Bawaslu dan berharap penjelasannya dapat memperjelas situasi.

Moeh Arief, Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Sidoarjo, menyatakan bahwa pemeriksaan dilakukan sebagai respons terhadap informasi yang viral, meski bukan laporan resmi.

Abdul Rochman dipanggil untuk dimintai keterangan terkait dugaan bahwa sambutannya mengarahkan jamaah ke salah satu calon.

"Bawaslu masih menganalisis hasil pemeriksaan dan akan mengumumkan keputusan setelah semua informasi terkumpul," pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Amrizal Zulkarnain
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV