SUARA INDONESIA

Bupati Jombang Serahkan Manfaat Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Marbot

Redaksi - 20 June 2023 | 22:06 - Dibaca 1.20k kali
Sosial Bupati Jombang Serahkan Manfaat Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Marbot
Bupati Jombang serahkan manfaat program BPJS Ketenagakerjaan kepada ahli waris almarhum Syamsul Anam, Selasa (20/6/2023) (Foto : BPJS Ketenagakerjaan Jombang)

JOMBANG, Suaraindonesia.co.id - Manfaat kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek) pekerja masjid atau marbot diserahkan Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab, di acara Jombang Job Fair 2023 di SMKN 1 Jombang, Selasa (20/06/2023).

Dengan didampingi Kepala BPJS Ketenagakerjaan Jombang Nurhadi Wijayanto dan perwakilan PT Multi pakan Jaya Sentosa, Bupati Mundjidah menyerahkan Jaminan Kematian (JKM) pekerja rentan atas nama Almarhum Syamsul Anam itu kepada ahli warisnya sebesar Rp 42 juta. 

Syamsul Anam, semasa hidupnya adalah seorang Marbot Masjid "At-Taqwa" Desa Glagahan, Jombang. Dia salah seorang pekerja rentan yang mendapat bantuan perlindungan dari PT Multi Pakan Jaya Santosa melalui program Gerakan Nasional Peduli Perlindungan Pekerja Rentan (GN Lingkaran) BPJS Ketenagakerjaan.

Bupati mengucapkan turut belasungkawa atas meninggalnya almarhum Syamsul Anam. Dalam kesempatannya, Bupati juga mengapresiasi PT Multi Pakan Jaya Santosa atas kepeduliannya pada pekerja rentan di sekitarnya.

Dia pun menyampaikan terimakasih pada BPJS Ketenagakerjaan atas program bagi pekerja rentan ini 

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Jombang Nurhadi Wijayanto juga menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya almarhum Syamsul Anam. 

Dikemukakan, keberadaan orang terkasih memang tak ternilai. Namun, santunan ini diharapkan mampu mengurang beban kebutuhan keluarga sepeninggal pekerja.

Nurhadi juga menjelaskan, santunan ini juga berkat bantuan PT Multi Pakan Jaya Santosa yang telah mendaftarkan almarhum ke BPJS Ketenagakerjaan. Menurutnya, masih banyak pekerja informal atau bukan penerima upah (BPU) termasuk pekerja rentan di Jombang yang belum tercover perlindungan jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan. 

Disampaikannya, pekerja rentan adalah pekerja BPU yang penghasilannya minim dan tak cukup untuk melindungi diri secara mandiri.

Mereka membutuhkan perlindungan yang bisa didapatkan atas kepedulian individu maupun perusahaan yang telah mapan dengan mendaftarkannya ke BPJS Ketenagakerjaan. 

Dengan bantuan perlindungan dua program BPJS Ketenagakerjaan yang iurannya hanya Rp 16.800,-/bulan, pekerja rentan pun bila mengalami kecelakaan kerja seluruh biaya pengobatan di rumah sakit ditanggung oleh BPJS Ketenagakerjaan, dan bila meninggal dunia diberikan santunan sebesar Rp 42 juta untuk ahli warisnya.

Nurhadi mengatakan, perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan sangat penting bagi setiap pekerja, terlebih bagi pekerja rentan.

Dia berharap apa yang telah dilakukan PT Multi Pakan Jaya Sentosa diikuti oleh perusahaan-perusahaan lain guna mencegah keluarga miskin baru akibat resiko kerja. (Adv) 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV