SUARA INDONESIA

Laris Zoo Suguhkan Sensasi Berwisata ke Hutan di Tengah Kota Jember

Wildan Mukhlishah Sy - 13 December 2022 | 13:12 - Dibaca 4.82k kali
Wisata Laris Zoo Suguhkan Sensasi Berwisata ke Hutan di Tengah Kota Jember
Laris Zoo, wisata baru di Kabupaten Jember yang berikan sensasi menjelajah ke hutan di tengah kota. (Foto: Istimewa)

JEMBER - Laris Zoo lewat inovasinya mengajak masyarakat untuk merasakan sensasi berwisata ke hutan di tengah kota yang kaya akan satwa juga flora.

Owner sekaligus Direktur Laris Zoo, Sabdo Adi Setiawan, mengaku pihaknya berusaha menghadirkan hutan di tengah kota sebagai salah satu sarana untuk edukasi.

Pada terobosan terbarunya kali ini, Laris Zoo menyajikan hutan di tengah kota se-alami mungkin seperti tempat aslinya. Beberapa di antaranya adalah membangun pos pantau dan panggung para satwa, dengan menggunakan bahan seadanya. 

"Kita memang memberikan nuansa yang lain daripada yang lain, yaitu mini zoo yang eksotik, dengan perpaduan seni dan keindahan. Di hutan kan peralatan seadanya sehingga harus dibuat sealami mungkin," jelasnya. 

Selain mengolah tempat dengan suasana alam seperti di hutan asli, pengunjung di Laris Zoo juga disambut dengan berbagai macam satwa di dalamnya. Seperti satwa avian dan berbagai jenis burung yang tidak dilindungi.

"Burung yang tidak dilindungi kita lepas seperti di hutan. Yang bisa berinteraksi satu sama lain itu ada, bisa nanti secara alami kawin dan menghasilkan keturunan," paparnya, di tengah riuh suara burung yang bersahutan.

Tak hanya itu, hutan di tengah kota itu juga akan dilengkapi dengan museum yang berisi berbagai replika maupun kerangka burung-burung yang tidak dilindungi.

Pengunjung juga akan didampingi oleh pemandu yang akan menjelaskan hal ihwal tentang burung-burung yang dibiarkan terbang lepas di area wisata.

"Ada pemandu yang menjelaskan ini burung apa, makanannya apa, jenisnya apa. Karena burung itu ada yang teritori ada populasi, jadi dijelaskan lengkap," katanya. 

Sehingga pengunjung dari anak-anak hingga orang dewasa bahkan para komunitas satwa tidak sekadar rekreasi semata, tetapi juga menerima edukasi terkait burung-burung tersebut.

"Sebagai edukasi untuk anak-anak dan tentunya lebih mencintai dan mengerti bahwa satwa di Indonesia itu luar biasa," ungkapnya.

Aneka tanaman juga menjadi pelengkap untuk menunjang keasrian hutan tengah kota itu, yang nantinya akan dilengkapi dengan papan informasi sebagai sarana edukasi dasar terutama bagi pengunjung anak-anak.

"Kita padukan dengan flora atau tanaman, nanti kita akan berikan nama supaya anak-anak bisa mengerti," ucapnya dengan raut bahagia.

Pria paruh baya tersebut berharap, pihaknya bersama pemerintah serta masyarakat pecinta satwa bisa berintegrasi dan bersinergi, untuk menumbuhkan rasa kepedulian kepada satwa-satwa hutan. 

"Sehingga mereka bisa bersinergi dengan kami, simbiosis mutualis," tandasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Moh.Husnul Yaqin

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV

Wisata

View All
EDISI, 19 JANUARI 2024
19 January 2024 - 06:01
EDISI, 19 JANUARI 2024
EDISI, 26 DESEMBER 2023
26 December 2023 - 20:12
EDISI, 26 DESEMBER 2023
EDISI, 21 DESEMBER 2023
21 December 2023 - 06:12
EDISI, 21 DESEMBER 2023
EDISI, 20 DESEMBER 2023
20 December 2023 - 06:12
EDISI, 20 DESEMBER 2023