SUARA INDONESIA

Air Terjun Madakaripura: Keindahan Alam dan Jejak Sejarah di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Aditya - 16 June 2024 | 20:06 - Dibaca 1.09k kali
Wisata Air Terjun Madakaripura: Keindahan Alam dan Jejak Sejarah di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru
Air Terjun Madakaripura, Probolinggo/(instagram/@pesonaairterjunindonesia)

SUARA INDONESIA, PROBOLINGGO - Air Terjun Madakaripura di Probolinggo, Jawa Timur, adalah destinasi wisata alam yang menggabungkan keindahan alam dengan cerita legendaris dari masa lampau.

Terletak dalam Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, air terjun ini tidak hanya menawarkan panorama alam yang spektakuler, tetapi juga merupakan bagian dari warisan sejarah yang kaya.

Air Terjun Madakaripura memiliki ketinggian total mencapai 200 meter, menjadikannya salah satu air terjun tertinggi di Indonesia.

Air yang mengalir turun melalui tebing batu tinggi membentuk kolam kecil dengan air berwarna hijau tosca yang menambah pesona alaminya.

Keindahan ini bukan hanya mengundang decak kagum dari para pengunjung, tetapi juga menjadi latar belakang yang sempurna untuk berbagai foto instagramable.

Air Terjun Madakaripura juga dikenal karena terkait dengan legenda Patih Gajah Mada, seorang tokoh besar dari Kerajaan Majapahit.

Konon, tempat ini adalah tempat peristirahatan terakhir Patih Gajah Mada, yang memimpin pemerintahan Majapahit pada abad ke-14.

Keberadaan air terjun ini dalam konteks sejarah memberikan nuansa mistis dan mendalam bagi pengunjung yang tertarik dengan sejarah Nusantara.

Air Terjun Madakaripura berlokasi di Desa Negororejo, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur.

Lokasinya yang terletak dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru membuatnya dapat dicapai dengan berbagai moda transportasi.

Dari pintu masuk, pengunjung dapat mengikuti trekking sekitar 20-30 menit untuk mencapai air terjun.

Perjalanan trekking ini juga menyuguhkan pemandangan alam yang menakjubkan sepanjang perjalanan.

Bagi yang ingin mengunjungi Air Terjun Madakaripura, harga tiket masuknya sangat terjangkau, hanya sekitar Rp. 5.000 per orang.

Pengunjung disarankan untuk mempersiapkan fisik dengan baik karena perjalanan trekking menuju air terjun membutuhkan sedikit usaha, namun akan sangat sepadan dengan panorama alam yang ditawarkan.

Air Terjun Madakaripura di Probolinggo bukan hanya sekadar tempat wisata alam yang menawan, tetapi juga mengandung nilai sejarah yang dalam.

Kombinasi antara keindahan alam yang menakjubkan dengan cerita legenda membuatnya menjadi destinasi yang sempurna untuk dikunjungi, baik untuk menikmati keindahan alam maupun untuk memahami sejarah Nusantara.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Aditya
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV