SUARA INDONESIA

Manfaat Program UHC Kian Terasa, Warga Sumenep: Mantap Pak Bupati! 

Wildan Mukhlishah Sy - 01 August 2023 | 08:08 - Dibaca 2.25k kali
Advertorial Manfaat Program UHC Kian Terasa, Warga Sumenep: Mantap Pak Bupati! 
Salah seorang pasien yang menggunakan layanan UHC di Puskesmas Talango. (Foto: Wildan/suaraindonesia.co.id)

SUMENEP, Suaraindonesia.co.id- Manfaat program Universal Health Coverage (UHC), yang mulai dijalankan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep sejak tahun 2022 lalu, kian dirasakan oleh masyarakat setempat. 

Salah satunya, seperti yang diungkapkan oleh seorang warga Desa Talango, Kecamatan Talango Syarifah. Dirinya mengaku, sangat terbantu dengan program kesehatan yang diberikan oleh pemerintah tersebut. 

Pasalnya, saat itu dirinya sedang tidak memiliki biaya untuk memeriksakan cucunya yang tengah sakit. Sementara orang tua dari anak tersebut, tengah berada di perantauan untuk bekerja menjaga toko kelontongan. 

Akhirnya, setelah melakukan pemeriksaan awal, dia direkomendasikan oleh seorang tenaga medis, agar memeriksa cucunya menggunakan program UHC di Puskesmas Talango, karena pelayanan kesehatan itu akan didapatkan secara gratis.

Mulanya, wanita yang akrab disapa Ripa itu khawatir akan ada pungutan biaya dan pengurusan administrasi yang cukup rumit. Namun, dirinya hanya diminta untuk menyetorkan Kartu Keluarga (KK), karena sang cucu masih berusia 5 tahun. 

"Mantap pak Bupati! Saya jadi terbantu sekali, tidak ribet dan bisa periksa gratis," ungkapnya, kepada Suara Indonesia, Selasa (01/08/2023). 

Meski tidak dipungut biaya sepeserpun, Ripa mengatakan, bahwa pelayanan kesehatan yang diberikan tetap terbilang baik, alias tidak sembarangan. 

Dirinya berharap, bahwa program tersebut akan terus digalakkan oleh Pemkab Sumenep secara merata. Karena menurutnya, terkadang masyarakat enggan memeriksakan diri ke Puskesmas, akibat tidak memiliki biaya. 

"Semoga ke depannya semakin baik, agar banyak masyarakat bisa merasakan juga manfaatnya," tutupnya. (Adv) 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV